Pilkada Kabupaten Serang Dianggap Paling Rawan di Pulau Jawa

Rasyid Ridho , Sindonews · Selasa 25 Februari 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 25 340 2174085 pilkada-kabupaten-serang-dianggap-paling-rawan-di-pulau-jawa-W9rMBm18QP.jpeg Pilkada Serentak (foto: Okezone)

SERANG - Badan Pengawasan Pemilu merilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Pemilihan Kepala Daerah tahun 2020. Mengacu pada indeks tersebut, Pilkada di Kabupaten Serang menjadi daerah paling rawan di Pulau Jawa.

Ketua Bawaslu Provinsi Banten Didih M Sudi mengatakan, Kabupaten Serang menduduki peringkat tertinggi pelaksanaan Pilkada di Pulau Jawa dengan skor 66,04.

Baca Juga: Airlangga: Golkar Dukung Gibran dan Bobby di Pilkada 2020 

"Angka tersebut diambil dari pengukuran atas empat dimensi dan 15 subdimensi yang mencerminkan kerawanan penyelenggaraan pilkada," kata Didih kepada wartawan, Selasa (25/2/2020).

Ilustrasi (foto: Shutterstock) 

Didih menerangkan, empat dimensi yang diukur dalam IKP Pilkada 2020 adalah dimensi konteksi sosial dan politik dengan subdimensi keamanan lingkungan; otoritas penyelenggara pemilu; otoritas penyelenggara negara; dan relasi kuasa di tingkat lokal.

Kemudian dimensi pemilu yang bebas dan adil dengan subdimensi hak pilih, pelaksanaan kampanye, pelaksanaan pemungutan suara, ajudikasi keberatan pemilu, dan pengawasan pemilu.

Selanjutnya, dimensi kontestasi dengan subdimensi hak politik, proses pencalonan, dan kampanye calon. "Dan dimensi partisipasi dengan subdimensi partisipasi pemilih, partisipasi partai politik, dan partisipasi publik," ujar Didih.

Dia menambahkan, secara operasional Bawaslu akan mengintensifkan koordinasi dengan KPU dan stakeholder lainnya, meningkatkan edukasi masyarakat dan meningkatkan keterbukaan informasi.

"IKP ini erat kaitannya dengan kejadian atau perkara pada Pemilu 2019 dan Pilkada sebelumnya. Tentu, antisipasi yang kami lakukan adalah mengoptimalkan pencegahan dan mengantisipasi pelanggaran di pilkada 2020," katanya.

Baca Juga: KPU Serahkan Data CSV Calon Perseorangan Pemilihan Tahun 2020 ke Bawaslu 

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan jajaran Polri, TNI dan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah agar penguatan koordinasi mencegah potensi konflik horizontal dan vertikal berdasarkan pemetaan dari IKP.

Berdasarkan data Bawaslu RI, IKP 2020 Pulau Jawa peringkat pertama Pilkada Kabupaten Serang dengan skor 66,04, kedua Kabupaten Kendal 65,33, ketiga Kabupaten Karawang dan Kabupaten Cianjur dengan skor sama 63,77, keempat Tasikmalaya dengan skor 62,42 dan kelima Pandeglang 60,80.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini