nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Otoritas China Sita 31 Juta Masker Palsu di Tengah Krisis Virus Covid-19

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 15:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 27 18 2175006 otoritas-china-sita-31-juta-masker-palsu-di-tengah-krisis-virus-covid-19-Qe78dnnUT1.jpg Foto: Okezone.

BEIJING – Krisis virus korona Covid-19 di China telah memicu berkembangnya pasar gelap untuk pasokan medis palsu, memaksa tindakan keras dari pihak berwenang yang telah menyita 31 juta masker wajah palsu atau di bawah standar.

Diwartakan AFP, para penipu telah mulai memproduksi produk-produk ilegal untuk memenuhi permintaan yang sulit dipenuhi karena kurangnya pasokan masker dan disinfektan sementara para produsen berjuang memenuhinya.

BACA JUGA: 400 Kasus Covid-19 Dikonfirmasi di Italia, Lebih dari 80.000 di Seluruh Dunia

Menurut pejabat keamanan China, dalam salah satu kasus bulan ini, penipu mengambil uang tunai pelanggan dan memberi mereka catatan pengiriman palsu untuk masker yang tidak ada.

Dalam konferensi pers pada Rabu, 26 Februari 2020, Wakil Menteri Keamanan Publik, Du Hangwei mengatakan bahwa masker dan produk lainnya senilai 174juta yuan (sekira Rp344 miliar) telah disita dan polisi telah menangani 22.000 kasus kriminal terkait dengan epidemi virus.

Pihak berwenang meningkatkan dukungan bagi perusahaan-perusahaan yang dapat mengubah pabrik mereka untuk memproduksi pasokan alat-alat medis yang bonafide, di saat China perlahan-lahan mulai kembali bekerja setelah beberapa pekan terhenti.

Namun kekurangan tenaga kerja dan melonjaknya permintaan, berarti permintaan tidak mungkin dipenuhi.

BACA JUGA: Pakar AS Sebut Pandemi Virus Korona Covid-19 Tidak Bisa Dihindari

Du berjanji pihak berwenang akan terus menindak kenaikan harga dan suplai medis palsu.

Dia juga mengatakan 49 polisi atau petugas pembantu tewas saat bertugas selama wabah virus tetapi tidak memberikan perincian.

Pemerintah Provinsi Sichuan mengatakan penjualan masker dengan mutu di bawah standar adalah kejahatan yang dapat dijatuhi hukuman hingga seumur hidup di penjara.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini