Share

Indonesia Jadi Saksi Sejarah Perdamaian AS dan Taliban

iNews TV, MNC Media · Sabtu 29 Februari 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 29 18 2176079 indonesia-jadi-saksi-sejarah-perdamaian-as-dan-taliban-IzaYPih9v3.jpg Lokasi Penandatanganan Perjanjian Damai antara Taliban dan Amerika Serikat di Qatar (foto: Istimewa)

DOHA - Indonesia akan menjadi saksi sejarah penandatanganan perjanjian damai antara Taliban dan Amerika Serikat (AS). Diketahui, Indonesia juga merupakan satu dari lima negara yang telah mengajukan diri untuk menjadi fasilitator perundingan Taliban dengan pemerintah Afghanistan.

Penandatanganan perjanjian damai antara AS dan Taliban akan dilaksanakan pukul 15.45 waktu Qatar, atau sekitar pukul 19.45 WIB. Penandatanganan ini menjadi momen bersejarah yang menandai berakhirnya perang terpanjang AS selama 19 tahun sejak tahun 2001.

Baca Juga: Donald Trump Utus Menlu Pompeo Saksikan Penandatanganan AS-Taliban di Qatar 

Jurnalis iNews TV Stefani Patricia Berada di Lokasi penandatanganan perjanjian damai antara Taliban dan Amerika Serikat (AS) di Qatar (foto: Istimewa)

Kemudian, penandatanganan ini akan segera ditindaklanjuti dengan negosiasi intra Afgan antara pemerintah Afghanistan dengan kelompok Taliban di mana Indonesia menjadi satu dari lima negara yang sudah menawarkan diri untuk menjadi fasilitator.

Kelima negara, yakni Indonesia, Jerman, Norwegia, Uzbekistan dan Kazakhstan memberikan kesempatan kepada Afghanistan dan Taliban untuk menentukan lokasi negosiasi damai ini dengan syarat 4 negara lainnya akan tetap ikut serta menjadi fasilitator.

Untuk itu sebelum menghadiri penandatanganan perjanjian damai ini menteri luar negeri Indonesia Retno Marsudi yang sudah tiba di Qatar pada Jumat malam waktu setempat, akan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Uzbekistan dan Norwegia.

Pertemuan ini tentunya akan membahas upaya percepatan agar negosiasi intra Afghan segera dilakukan harapannya perdamaian di tanah Afghanistan benar-benar bisa segera terwujud.

Stefani Patricia dan Mohammad Faqih Satrio akan melaporkan informasi selengkapnya dari lokasi pertemuan di Doha Qatar dan dapat disaksikan di iNews.

Baca Juga: AS dan Taliban Akan Tandatangani Kesepakatan pada 29 Februari 2020

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini