Mengalami Erupsi, Gunung Merapi Tetap Berstatus Waspada

Achmad Fardiansyah , Okezone · Selasa 03 Maret 2020 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 510 2177222 mengalami-erupsi-gunung-merapi-tetap-berstatus-waspada-bWAHG2I4VM.jpg Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada Selasa pagi ini. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan status Gunung Merapi tetap Waspada atau Level II meski mengalami erupsi pada Selasa (3/3/2020) pagi ini. Status Waspada itu dilaporkan sudah sejak 21 Mei 2018.

Kemudian masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 kilometer dari Puncak Gunung Merapi. Lalu mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanis Merapi.

Baca juga: Tinggi Kolom Erupsi Gunung Merapi Mencapai 6.000 Meter 

Sementara awan panas guguran erupsi Gunung Merapi meluncur sejauh 2 kilometer ke arah hulu Kali Gendol di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Erupsi ini tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 milimeter dan durasi 450 detik.

"Teramati tinggi kolom erupsi 6.000 meter dari puncak dan awan panas guguran ke arah hulu Kali Gendol dengan jarak maksimal 2 kilometer. Arah angin saat erupsi ke utara," jelas BPPTKG melalui akun Twitter-nya.

Sedangkan di wilayah Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, dilaporkan turut terdampak hujan abu erupsi Gunung Merapi. Abu erupsi Gunung Merapi mengenai sejumlah orang dan pengendara di sana.

Terlihat juga jarak pandang menjadi terbatas, tidak terlalu jauh, akibat hujan abu Gunung Merapi pagi ini. Masyarakat Boyolali pun diimbau tetap hati-hati dan selalu mengenakan masker.

Baca juga: Awan Panas Erupsi Gunung Merapi Mengarah ke Hulu Kali Gendol 

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini