Warga Sukoharjo Tampak Tenang Diguyur Abu Erupsi Merapi

Agregasi Solopos, · Selasa 03 Maret 2020 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 512 2177316 warga-sukoharjo-tampak-tenang-diguyur-abu-erupsi-merapi-38repigxbX.jpg Gunung Merapi kembali mengalami erupsi pada Selasa pagi ini. (Foto: Istimewa)

SUKOHARJO – Gunung Merapi yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengalami erupsi pada pukul 05.22 WIB, Selasa 3 Maret 2020. Sejumlah wilayah pun terdampak abu vulkanis erupsi Merapi.

Di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, terpantau sejumlah permukiman warga diguyur hujan abu erupsi Merapi. Di Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, abu vulkanis terlihat tipis turun dari langit-langit rumah warga sekira pukul 07.30 WIB.

Eka Hari Wibawa, salah satu warga Perumahan Parama Santosa, Pucangan, Kecamatan Kartasura, merasakan adanya hujan abu.

"Abunya terlihat tipis. Tadi pagi sudah memenuhi kaca mobil. Kebetulan (mobil) ada di luar," katanya, seperti dikutip dari Solopos, Selasa (3/3/2020).

Semburan abu vulkanis juga dirasakan Ivanovic Aldino, warga Trangsan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo. Abu terlihat memenuhi jok motornya yang terparkir di luar rumah. Selain itu, abu juga memenuhi jalanan kampung dan genting-genting rumah warga.

"Hujan abu tipis dari Merapi sampai di sini. Warga biasa saja melihat itu," katanya.

Erupsi Gunung Merapi pada pagi ini tidak membuat warga di sekitar lereng panik. Mereka tampak tenang ketika diguyur abu vulkanis.

Sukarelawan Jaringan Informasi Lingkar Merapi (Jalin Merapi), Mujianto, mengatakan warga di lereng sudah terlatih dan memahami karakter Gunung Merapi.

Ia menerangkan, erupsi yang terjadi pada Selasa pagi tadi statusnya cukup besar dibandingkan sebelumnya.

"Kalau melihat beberapa erupsi terakhir pasca-2018 yang menaikkan status ke Waspada itu, ini juga lumayan ada kenaikan. Tapi status saat ini masih Waspada sejak 21 mei 2018," ungkapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, wilayah yang terdampak hujan abu vulkanis Merapi di antaranya Desa Gobumi dan Cluntang, Kecamatan Musuk; Tamansari dan wilayah Kecamatan Cepogo di Pedut, Wonodoyo.

Sementara Slamet Martono, kasi Pelayanan Masyarakat dan SDM PMI Boyolali, membenarkan adanya hujan abu yang terjadi di beberapa wilayah di sekitar Gunung Merapi sekira pukul 08.40 WIB tadi.

PMI juga telah membagikan sejumlah masker ke para sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Palang Merah Indonesia (Sibat PMI) di Sonodoyo, Cluntang, dan Lencoh.

"Hujan abu tipis tapi campur pasir. Masker kami tempatkan di Posko Sukarelawan Sibat," ungkapnya.

Meski kondisi masyarakat saat ini masih beraktivitas seperti biasa, para sukarelawan tetap melakukan pemantauan untuk langkah kesiapsiagaan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini