Share

Gempa Sukabumi, Puluhan Rumah di Pamijahan Bogor Rusak

Putra Ramadhani Astyawan, Okezone · Selasa 10 Maret 2020 20:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 10 525 2181287 gempa-sukabumi-puluhan-rumah-di-pamijahan-bogor-rusak-jUSJrzMMwK.jpg (Foto: Istimewa)

BOGOR - Gempa bumi berkekuatan Magnitud 5, yang mengguncang wilayah Sukabumi, membuat puluhan rumah warga di Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor rusak.

Sekertaris Desa (Sekdes) Purwabakti, Wahyu mengatakan, berdasarkan data sementara tercatat ada sebanyak 5 rumah rusak berat, 50 rumah rusak sedang dan 38 rumah rusak ringan akibat gempa.

"Ada di RW 04, RW 05, RW 06, RW 07, RW 08, RW 09 dan RW 10," kata Wahyu, Selasa (10/3/2020).

Selain rumah warga rusak, gempa juga mengakibatkan dua warga mengalami luka ringan tertimpa genting rumah.

"Korban ada 2 orang luka ringan ketimoa genting," ucapnya.

Foto: Istimewa

Hingga saat ini, beberapa warga yang rumahnya terdampak memilih mengungsi ke sanak saudara. Pihak desa masih terus mengumpulkan data pasti terkait dampak kerusakan akibat gempa.

Baca juga: Rasakan Gempa Sukabumi, PNS DPRD Kota Bogor: Tiba-Tiba Kursi Saya Goyang

"Ada yang ngungsi. Sekarang masih nunggu laporan lebih lanjut, ini baru data sementara ya. Untuk fasilitas umum belum ada (laporan kerusakan)," jelas Wahyu.

Sementara itu, Kasi Kedaruratan Badan Penanggulanhgan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Muhammad Adam mengatakan, tedapat dua desa di Kecamatan Pamijahan yang terdampak gempa.

Foto: Istimewa

"Laporan resmi baru di Pamijahan ada dua desa, Desa Purwabakti dan Desa Cibunian. Jumlah (rumah rusak), masih pendataan," ucap Adam.

Tidak hanya di Kecamatan Pamijahan, pihaknya juga akan menyisir bentangan Gunung Halimun Salak. Karena berdasarkan pengalaman, gempa Sukabumi juga kerap berdampak di wilayah tersebut.

"Tim juga ada yang ke wilayah Kecamatan Caringin, karena dari pengalaman kalau gempa di Sukabumi itu efeknya ke daerah bentangan Halimun Salak. Kita akan coba sisir wilayah-wilayah itu," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini