Perayaan Nyepi Umat Hindu Cirebon di Tengah Pandemi Corona

Fathnur Rohman, Okezone · Selasa 24 Maret 2020 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 24 525 2188528 perayaan-nyepi-umat-hindu-cirebon-di-tengah-pandemi-corona-6bVlOKhOEi.jpg Perayaan Hari Raya Nyepi di Cirebon (Foto : Okezone.com/Fathnur)

CIREBON - Guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1942 di Pura Agung Jati Pramana, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (24/3/2020) siang, diselenggarakan tanpa adanya persembahyangan bersama.

Sekretaris Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Wilayah III Cirebon, I Dewa Made Budiana menerangkan, perayaan Nyepi kali ini memang agak berbeda bila dibandingkan dengan perayaan Nyepi di tahun-tahun sebelumnya. Sebab, perayaan Nyepi di tahun ini diadakan di tengah pandemi virus corona.

Ia mengatakan, berdasarkan Surat Edaran Parisada Hindu Dharma Indonesia Wilayah III Cirebon dengan nomor surat 001/PHDI-C/III/2020, perayaan Nyepi yang ditandai dengan upacara Pecaruan di Pura Agung Jati Pramana ini dimulai sekira pukul 12.00 WIB siang. Hal ini sangat berbeda dengan perayaan Nyepi di tahun 2019 lalu, karena upacara Pecaruan diadakan menjelang malam hari.

Selain itu, yang menjalankan dan menghadiri upacara Pecaruan hanya terdiri dari pengurus PHDI, pengurus Banjar, Pinandita, Sarati, serta sesepuh saja.

"Hanya dihadiri pengurus saja. Kita lakukan secara sederhana. Tidak semuanya, ini agar mengindari virus corona," kata Budiana saat ditemui Okezone, Selasa (24/3/2020).

Dirinya mengaku, ritual seperti upacara Melasti yang bisa melibatkan banyak orang sengaja ditiadakan. Hal ini untuk meminimalisir resiko terjadinya penularan Covid-19. Karena biasanya umat Hindu yang datang merayakan perayaan Nyepi tidak hanya dari Cirebon saja. Melainkan, umat Hindu dari Majalengka, Kuningan, serta Indramayu juga datang.

Masih disampaikannya, ritual pemberian Caru juga ditiadakan. Ritual ini kemudian diganti dengan Tirta Sabuana Raksa dengan fungsi yang sama. Nantinya, umat Hindu di wilayah Cirebon dan sekitarnya akan melakukan peribadatan di dalam rumah masing-masing.

Baca juga : Ini Kategori yang Akan Didahulukan untuk Jalani Rapid Tes Covid-19

"Caru diganti Tirta Sabuana Raksa dengan fungsi yang sama. Mereka akan melakukan peribadatan di dalam rumah," ujar Budiana.

Dari pantauan Okezone di lokasi, meski dihadiri oleh sedikit umat Hindu, perayaan Nyepi di Pura Agung Jati Pramana, Kota Cirebon, Jawa Barat tetap berjalan dengan sangat khidmat.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini