Iran Nyatakan Tak Tahu Keberadaan Mantan Agen FBI yang Hilang

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 26 Maret 2020 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 26 18 2189515 iran-nyatakan-tak-tahu-keberadaan-mantan-agen-fbi-yang-hilang-Xcb6CCUXj8.jpg Robert Levinson. (Foto: Reuters)

NEW YORK – Juru bicara misi Iran untuk PBB mengatakan bahwa Teheran tidak memiliki pengetahuan tentang keberadaan mantan agen FBI yang menghilang di Iran pada Maret 2007. Pernyataan itu disampaikan setelah keluarga Robert Levinson, mantan agen FBI itu, mengatakan ia telah meninggal dalam tahanan Iran.

“Iran selalu menyatakan bahwa para pejabatnya tidak memiliki pengetahuan tentang keberadaan Levinson, dan bahwa dia tidak berada dalam tahanan Iran. Fakta-fakta itu tidak berubah,” kata Juru Bicara Misi Iran, Alireza Miryousefi dalam sebuah tweet yang dilansir Reuters, Kamis (26/3/2020).

Dalam sebuah posting di media sosial pada Rabu (25/3/2020), Keluarga Levinson mengatakan: "Hari ini dengan hati yang pedih, kami berbagi berita dahsyat tentang Robert Levinson, kepala keluarga kami." 

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan dia belum diberi tahu bahwa Levinson sudah mati. 

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Robert O'Brien mengatakan kemudian bahwa penyelidikan masih berlangsung tetapi "kami percaya bahwa Bob Levinson mungkin telah meninggal beberapa waktu yang lalu".

Pada November 2019 Teheran membantah mengetahui keberadaan Levinson, ketika mengatakan kasus hukum yang melibatkannya sedang berlangsung di pengadilan revolusioner yang menangani kasus-kasus yang berkaitan dengan keamanan. Levinson hilang di pulau Kish Iran saat menjalankan misi rahasia CIA pada 2007.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini