nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Gagalkan Penyelundupan TKI dan WNA ke Malaysia di Tengah Pandemi Corona

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 14:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 08 340 2196066 polisi-gagalkan-penyelundupan-tki-dan-wna-ke-malaysia-di-tengah-pandemi-corona-fE4cw5pI2e.jpg Penyelundupan TKI ilegal dan WNA ke Malaysia. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU – Polda Riau menggagalkan upaya penyelundupan tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia. Padahal saat ini Negeri Jiran itu sedang lockdown terkait persebaran corona virus disease atau covid-19.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengatakan ada 15 TKI yang diamankan. Selain itu ada juga 2 warga negara asing (WNA).

"Total ada 17 orang yang diamankan. Dua TKA asal India. Mereka ilegal," jelasnya, Rabu (8/4/2020).

Ia mengungkapkan, penangkapan pelaku perdagangan manusia ke Malaysia ini dilakukan saat mereka berada di dalam speedboat bersiap-siap di Desa Sungai Cingam, Rupat, Bengkalis, Riau.

Sunarto menerangkan, mereka rencana berlayar ke Malaysia dengan melewati Selat Malaka. Jarak dari lokasi ke Malaysia ditempuh hanya dalam waktu 30 menit.

"Ini merupakan jaringan internasional melibatkan warga dari tiga negara: India, Malaysia, dan Indonesia. Jaringan ini menjadikan Pulau Rupat, Bengkalis, sebagai tempat penyeberangan manusia ke Malaysia," tegasnya.

Dia menjelaskan, para korban dibujuk bisa diberangkatkan ke Malaysia secara resmi dan di sana bakal mendapat gaji besar. Namun kenyataannya, mereka diberangkatkan melalui jalur ilegal oleh para pelaku.

Sunarto menambahkan, untuk TKI dipatok harga Rp3 juta per orang. Sedangkan bagi warga negara India dimintai biaya Rp8 juta per orang.

"Ini melibatkan orang Bengkalis. Selain itu kita juga memburu 21 WNA yang terlibat dalam jaringan ini," tukasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini