Belasan Remaja Diamankan Polisi saat Balapan Liar Usai Sahur

Ade Putra, Okezone · Sabtu 25 April 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 25 340 2204846 belasan-remaja-diamankan-polisi-saat-balapan-liar-usai-sahur-e72wiZgI66.jpg foto: istimewa

PONTIANAK - Di tengah ancaman virus corona, sejumlah remaja di Kota Pontianak, Kalimantan Barat bukannya memanfaatkan waktu libur yang diberikan pemerintah untuk stay at home, namun mereka dengan nekat menggelar aksi balapan liar.

Seperti yang berhasil diungkap Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pontianak, Sabtu (25/4/2020) pagi. Dalam operasi yang dimulai pukul 04.30 Wib hingga 06.30 Wib ini, sedikitnya ada belasan remaja yang ditilang karena kedapatan balapan liar di tiga titik di Kecamatan Pontianak Selatan.

"12 anak-anak yang kedapatan melakukan balapan liar. Mereka sudah kami tilang dan panggil orangtuanya untuk membuat pernyataan tidak mengulangi lagi di atas materai,” kata Kasat Lantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah.

Balap Liar

Seperti tahun-tahun sebelumnya, aksi balapan liar ini kerap terjadi pada subuh hari selepas sahur. Untuk hari biasa, balapan liar dapat dijumpai pada Sabtu tengah malam.

Lokasi balapan liar, kadang di Jalan MT Haryono, Jalan Abdurrahman Saleh dan Komplek Gor Sultan Abdurrahman. "Aksi balapan liar ini selain membahayakan keselamatan diri sendiri, juga keselamatan orang lain," ujarnya.

Salbiah menegaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan guru-guru bimbingan konseling serta Dinas Perhubungan untuk memantau aktivitas anak-anak masa libur Covid-19, agar tetap berada di rumah.

“Untuk orang tua juga diminta agar mengawasi dan cek keberadaam anaknya. Apalagi suasana pandemi corona ini, pastikan anak ada di rumah,” imbaunya.

Untuk diketahui, selain 12 anak remaja ini, ada 20 pengendara yang mendapat teguran karena tidak melengkapi ketertiban daoam berkendara.

“Patroli ini akan terus dilakukan demi memberikan rasa aman kepada masyarakat serta mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas,” tutup Salbiah.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini