ABK WNI di Kapal China: Makan dari Umpan Ikan, Minum Sulingan Air Laut

Agregasi BBC Indonesia, · Jum'at 08 Mei 2020 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 08 18 2210821 abk-wni-di-kapal-china-makan-dari-umpan-minum-sulingan-air-laut-lMg1q4WeVd.jpg Seorang ABK Indonesia bekerja di kapal berbendera China. (Foto/KFEM/BBC)

BUSAN – Lima orang Anak Buah Kapal (ABK) Indonesia yang bekerja di kapal China Long Xing 629 bercerita kepada BBC News Indonesia mengenai pengalaman mereka bekerja di kapal itu selama sekitar 14 bulan.

Mereka dan sembilan ABK lainnya, yang kini ada di Busan, Korea Selatan, dijadwalkan untuk kembali ke Indonesia Jumat (08/05).

NA, 20 tahun, anak buah kapal Long Xin 629 asal Makasar, Sulsel, mengaku 'dianaktirikan' soal makan dan minum.

Foto/BBC

Menurutnya, ABK yang non-Indonesia mendapat jatah makanan yang "lebih bergizi" ketimbang mereka. "Kita dibedain dengan orang dia."

Di dalam kapal penangkap ikan itu, awalnya ada 20 ABK WNI dan sekitar enam orang adalah ABK asal China.

"Air minumnya, kalau dia minum air mineral, kalau kami minum air sulingan dari air laut," ungkap NA. "Kalau makanan, mereka makan yang segar-segar...," kata NA.

KR, 19 tahun, asal Manado, menambahkan, "Mereka makan enak-enak, kalau kami seringkali makan ikan yang biasanya buat umpan itu."

Dibuang ke laut 

Laporan MBC Korea Selatan memperlihatkan sebuah peti berisi jasad ABK WNI, yang dilaporkan bernama Ari (24). 

Beberapa orang tampak melakukan upacara penghormatan jasad di sekitar peti tersebut sebelum melemparnya ke laut. 

Kejadian itu dilaporkan terjadi pada 30 Maret 2020. 

“Awalnya kram, terus kakinya tiba-tiba bengkak, dari kaki langsung menyerang ke badan, langsung sesak,” kata ABK WNI yang identitasnya tidak diungkap itu kepada MBC.

Seorang ABK WNI lain mengatakan bahwa mereka terkadang harus bekerja selama 30 jam tanpa berhenti, tanpa diizinkan untuk istirahat. 

“Waktu kerjanya, berdiri itu sekira 30 jam. Setiap 6 jam makan, nah jam makan inilah yang dimanfaatkan kami untuk duduk,” ujarnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini