Kangen Grup Kasidah Nasida Ria? Ini Dia Penerusnya Sekarang

Taufik Budi, Okezone · Selasa 12 Mei 2020 04:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 512 2212595 kangen-grup-kasidah-nasida-ria-ini-dia-penerusnya-sekarang-LbwLCpy80x.jpg Zahrotul Walidah (Okezone.com/Taufik)

SEMARANG – Pecinta musik kasidah tentu tak asing lagi dengan grup Nasida Ria asal Semarang, Jawa Tengah. Grup kasidah yang dibentuk pada 1975 itu banyak menjadi idola karena dikenal melantunkan tembang-tembang Islami.

Namun dalam perjalanannya, pamor Nasida Ria yang beranggotakan 9 personel, kian surut. Hingga pada 2000-an, Nasida Ria makin jarang tampil karena beberapa personel diganti karena telah meninggal atau keluar dari band.

Untuk mengobati dahaga pecinta Nasida Ria, kini muncul grup kasidah EzzurA. Grup musik ini merupakan generasi keempat kasidah legendaris dari Semarang, Nasida Ria. Tampil lebih segar karena anggotanya merupakan anak-anak muda.

Grup EzzurA terlahir sejak September 2014 untuk membangkitkan kembali dunia musik bergenre kasidah di tengah gegap gempitanya dunia hiburan. EzzurA tak hanya menyajikan lagu-lagu Nasida Ria, tetapi juga diselipkan lagu pop, dangdut, hingga gambus yang diaransemen kasidah.

Seperti saat tampil dalam pertunjukan virtual Panggung Kahanan di Puri Gedeh Semarang. Lagu pertama yang mereka dendangkan adalah Salawat Badar. Berturut-turut lagu selanjutnya yang dimainkan adalah Lagu Kami, Hikmah Ramadan, dan ditutup dengan lagu fenomenal, Perdamaian.

Vokalis EzzurA, Zahrotul Walidah, menyampaikan, sejak terjadi pandemi Covid-19 di Tanah Air dia bersama rekan-rekannya tidak diperbolehkan manggung. Oleh karenanya, dia mengapresiasi kegiatan tersebut karena bisa menjadi lahan seniman untuk berekspresi.

"Tapi memang kita mesti tetap kreatif dan tidak boleh berhenti berkarya,” ujar Zahrotul, Senin (11/5/2020).

Masa pandemi Covid-19 diharapkan segera berakhir agar masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal. Termasuk seniman juga kembali memenuhi undangan pertunjukan di berbagai daerah, untuk menghibur masyarakat.

“Harapan kami semoga kreativitas dari Pak Ganjar dengan menyediakan ruang ini bisa ditiru teman-teman seniman," lugasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini