Kerap "Mangkal' di Kantor Kelurahan, King Kobra 2,5 Meter Akhirnya Ditangkap

iNews TV, MNC Media · Minggu 17 Mei 2020 02:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 340 2215245 kerap-mangkal-di-kantor-kelurahan-king-kobra-2-5-meter-akhirnya-ditangkap-SJDFZDpYEX.png (Foto: Fuji Mustopan)

SAMARINDA - Ular jenis king kobra, yang kerap terlihat berkeliaran di halaman kantor Kelurahan Mugirejo, Samarinda, Kalimantan Timur berhasil dievakuasi oleh relawan penyelamat satwa di Samarinda, Sabtu (16/5/2020).

Ular sepanjang lebih dari 2,5 meter tersebut sering membuat warga ketakutan untuk berurusan di kantor kelurahan tersebut.

Bermodalkan tongkat jerat, relawan penyelamat satwa ini tidak membutuhkan waktu lama untuk mengevakuasi ular berbisa, yang tengah bertengger di atas pohon bunga kamboja yang berada tepat di depan kantor kelurahan tersebut.

Setelah berhasil menangkap reptil berbisa ini, relawan segera mengikat mulut ular menggunakan lakban untuk alasan keamanan. Rencananya, ular yang memiliki bisa sangat mematikan ini akan dilepas ke habitatnya di tengah hutan agar tidak kembali ke kawasan pemukiman warga.

Baca juga: Demi Masa Depan Pelaku, Polisi Enggan Blow Up Kasus ABG Pembunuh Balita

Menurut warga Kelurahan Mugirejo, king kobra tersebut biasanya ‘mangkal’ di kantor kelurahan pada siang hari & kerap membuat warga serta petugas kelurahan was-was saat sedang beraktifitas,

(Foto: Fuji)

King kobra merupakan jenis ular berbisa terpanjang di dunia. Ular jenis ini merupakan satwa endemik India dan tersebar hingga hampir ke seluruh wilayah Asia Tenggara. 

Bisa ular ini mengandung sitotoksin & neurotoksin yang mampu mempengaruhi sistem saraf korbannya. Korban akan mengalami rasa nyeri hebat, gangguan penglihatan, vertigo dan dapat mengalami kematian dalam waktu 30 menit pasca digigit.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini