522 Napi Lapas Lubuklinggau Diusulkan Dapat Remisi Hari Raya Idul Fitri

Era Neizma Wedya, iNews · Minggu 17 Mei 2020 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 610 2215335 522-napi-lapas-lubuklinggau-diusulkan-dapat-remisi-hari-raya-idul-fitri-nX26DL8STN.jpeg (Foto: Shutterstock)

LUBUKLINGGAU – Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas II A Lubuklinggau mengusulkan sebanyak 522 tahahan di lapas tersebut mendapatkan remisi di hari raya idul fitri.

“Usulannya ke Kanwil tanggal 5 mei ke kanwil kemenkumham, nanti kanwil kemenkumham meneruskan ke dirjen pemasyarakatan untuk di setujui oleh menteri,” kata Kasubsi Registrasi Lapas Kelas II A Lu buklinggau, Abis Suhada.

Dijelaskan Abis, biasanya SK usulan tersebut turun di H-1 sebelum hari raya idul fitri. Dan diberikan pas hari raya idul fitri persetujuannya.

“Kalau persyaratan untuk remisi itu dia sudah putus sidang, sudah ada vonisnya dan sudah dieksekusi oleh jaksa, kemudian mereka sudah menjalani 6 bulan hukuman dan syarat yang terakhir itu dia harus berkelakuan baik. Kalau dia ada hukuman disiplin, itu kita tidak usulkan remisi,” jelasnya.

Lebih lanjut, dari 522 tahanan yang diusulkan untuk mendapat remisi itu yakni pidana umum seperti pencurian, pembunuhan. Sedangkan tindak pidana khusus seperti narkotika berjumlah 16 orang. Untuk tindak pidana khusus seperti tipikor tidak dapat.

“Jadi ada dua kategori, remisi untuk tindak pidana umum dan remisi untuk tindak pidana khusus,” ungkapnya.

Karena tindak pidana khusus banyak rincian, dijelaskannya seperti narkotika, tipikor, traficking dan illegal logging.

“Nah jadi kalau di tempat kita itu yang dapat cuma narkotika, dia yang tidak kena PP 99, hukumannya di bawah 5 tahun. Yang dapat itu yang sudah memenuhi persyaratan. Syaratnya dia ada justice kolaborator dan membayar denda,” ujarnya.

Itu juga berlaku untuk tindak pidana khusus tipikor. Tipikor yang dapat itu yang bayar denda, kemudian dia ada justice kolaborator. "Kebetulan di tempat kita itu tidak ada yang memenuhi persyaratan."

“Jadi tipikor tidak ada yang dapat remisi,” timpalnya.

Dan ini berikut usul remisi lapas kelas II A Lubuklinggau yakni RK 1 15 hari 193 orang, 1 bulan 248 orang, 1 bulan 15 hari 61 orang dan dua bulan 4 orang. Sedangkan untuk RK II nihil.

Kemudian remisi PP 99 RK I yakni 1 bulan 15 hari enam orang, 1 bulan 10 orang dan untuk RK II nihil. “Total barapidana yang diusulkan remisi idul fitri 1441 H berjumlah 522 orang,” pungkasnya. (Era Neizma Wedya-Sindotv)

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini