nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Pertama PSBB Tahap 2, Warga Cirebon Padati Mal Belanja Baju Lebaran

Fathnur Rohman, Okezone · Rabu 20 Mei 2020 16:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 05 20 525 2217151 hari-pertama-psbb-tahap-2-warga-cirebon-padati-mal-belanja-baju-lebaran-o235ryLiL5.jpg Suasana CSB Mall di hari pertama PSBB Tahap 2 (Okezone/Fathnur)

CIREBON - Hari pertama penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap kedua di Kota Cirebon, Jawa Barat, banyak masyarakat yang memadati salah satu pusat perbelanjaan di Kota Cirebon. Yakni di Cirebon Super Block (CSB) Mall, Rabu (20/5/2020).

Berdasarkan pantauan Okezone di lokasi, sebelum masuk ke lobi utama CSB Mall, masyarakat yang datang harus mencuci tangannya terlebih dahulu dan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas.

Dalam pemeriksaan suhu tubuh ini mereka harus mengantre. Namun ketika mengantre, mereka nampak tidak menerapkan physical distancing atau tidak menjaga jarak.

Rata-rata mereka datang ke CSB Mall hari ini untuk berbelanja. Sebab, menjelang lebaran, masyarakat mulai membeli berbagai kebutuhan lebaran, seperti pakaian dan makanan.

ilustrasi

Salah satu pengunjung CSB Mall bernama Fajar mengaku, dirinya datang dari Kabupaten Indramayu ke CSB Mall untuk berbelanja pakaian lebaran anaknya. Menurut Fajar, pusat perbelanjaan di Kabupaten Indramayu saat ini sedang tutup.

"Ke sini sekalian lewat. Di sana sudah pada tutup. Momen satu tahun sekali untuk anak," kata Fajar kepada wartawan, Rabu (20/5/2020).

Fajar sendiri tidak menampik kalau dirinya merasa takut akan resiko penularan virus corona atau Covid-19. Kendati begitu, ia tetap datang ke CSB Mall untuk berbelanja. "Takut pasti. Yang penting jaga jarak sama pakai masker," ungkapnya.

Sementara itu, Mall Manager CSB Mall Adwin Nugroho menyampaikan, pihaknya sudah membatasi kapasitas pengunjung yang masuk ke CSB Mall sampai 80 persen atau sekira 18 ribu orang. Bila jumlah pengunjung melebihi kapasitas, maka CSB Mall akan memberlakukan buka tutup. Selain itu guna mengontrol pengunjung pihaknya mulai membentuk Satgas.

"Kita sudah membentuk Satgas. Untuk mengontrol pengunjung. Kalau melebihi kapasitas kami akan terapkan buka tutup," ujar Adwin.

Sedangkan, Kepala Satpol PP Kota Cirebon, Adi Armawan menjelaskan, sesuai keputusan Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis, dalam penerapan PSBB tahap kedua di Kota Cirebon, pusat perbrlanjaan dan supermarket diperbolehkan beroperasi. Hanya saja tetap harus memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Masih disampaikannya, ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan PSBB tahap kedua di Kota Cirebon. Seperti membludaknya pembeli yang datang ke pusat perbelanjaan. Meski demikian, Andi mengaku pihaknya masih bisa mengatasi hal tersebut.

"Hari Jumat dan hari Sabtu pasti terjadi pembludakan. Tapi kita sudah menemukan antisipasinya," tutur Andi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini