Antisipasi Pemudik, 100 Pasukan Brimob Ditambah ke Perbatasan Sumbar-Riau

Rus Akbar, Okezone · Senin 25 Mei 2020 02:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 05 25 340 2219093 antisipasi-pemudik-100-pasukan-brimob-ditambah-ke-perbatasan-sumbar-riau-L8wxS5Th7H.jfif Gubernur dan Kapolda Sumbar tinjau posko Operasi Ketupat 2020 (Okezone.com/Rus Akbar)

PADANG – Polda Sumatera Barat menambahkan satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) atau 100 personel Brimob untuk menjaga perbatasan Sumbar-Riau, dalam rangka antisipasi pemudik masuk ke Sumbar.

Personel Brimob tersebut dibantu anggota Polres Sijunjung dan Kodim 0310/SSD ditempatkan di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Singgalang 2020 dan Posko Penanganan Covid 19.

Sumbar sedang memberlakukan Pebatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kendaraan dari luar provinsi dilarang masuk. Ada 68 pos pemeriksaan di tiap perbatasan siap menghalau pemudik.

"Tujuannya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dari luar daerah masuk ke Sumbar," kata Kapolda Sumbar Irjen Toni Hermanto, Minggu (24/5/2020).

Penambahan 100 personel Brimob ke perbatasan dilakukan karena, pada Kamis 21 Mei lalu, ada ratusan mobil pemudik dari Riau menerobos pos chek point PSBB di Jorong Batang Kariang, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Itu diduga terjadi karena jumlah tim yang bertugas di sana sedikit, sehingga tak maksimal dalam penjagaan.Virus corona

Toni mengatakan, anggotanya akan memaksa putar balik kendaraan pemudik yang akan masuk Sumbar. "Kita tegaskan sikap kita masih sama dan hal ini untuk mengantisipasi meluasnya pandemi Covid -19," katanya.

Polda Sumbar dan Riau bekerja sama menjaga perbatasan untuk antisipasi mudik.

"Kita tidak ingin warga yang dari zona merah pergi ke luar daerah. Ini dapat menyebarkan virus sehingga pemeriksaan di perbatasan terus dilakukan," kata dia.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang berkunjung pos cek point PSBB Covid-19 Sumatra Barat di Jorong Batang Kariang, Nagari Kamang mengatakan dengan adanya penambahan personel Brimob, maka penjagaan akan lebih maksimal.

"Adanya penambahan pasukan dari Brimob ini, menyakinkan kita akan pelaksanaan protokol Covid-19 dapat berjalan dengan baik. Mari kita jaga kesehatan dalam melawan covid dengan memakai masker, jaga jarak dan pola hidup bersih cuci tangan pakai sabun" ajak Gubernur Sumbar.

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini