Balon Udara Mendarat di Bandara Diabadikan oleh Pengamat Penerbangan

Taufik Budi, Okezone · Senin 25 Mei 2020 23:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 25 512 2219460 balon-udara-mendarat-di-bandara-diabadikan-oleh-pengamat-penerbangan-66eZ9UY3Fx.jpg Penampakan balon udara yang mendarat di Bandara Ahmad Yani Semarang/Foto: Istimewa

SEMARANG – Sebuah balon udara berukuran raksasa mendarat di kawasan Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah. Tidak ada jadwal penerbangan pada saat balon udara itu mendarat, sehingga tak mengganggu penerbangan pesawat.

Dalam video yang viral di media sosial, balon udara tampak melayang-layang di atas kawasan bandara kebanggan warga Semarang tersebut. Video itu ternyata diabadikan oleh pengamat penerbangan Alvin Lie.

Pria yang tercatat sebagai anggota Ombudsman itu, peristiwa tersebut terjadi pada Minggu 24 Mei 2020, bertepatan dengan Lebaran Idul Fitri 1441 H. Dia mengaku pada saat bersamaan berada di lokasi kejadian sehingga langsung mengabadikan momen itu dengan kamera.

Baca juga: Balon Udara Mendarat di Kawasan Bandara Ahmad Yani Semarang

“Balon Udara Raksasa jatuh di bandara A Yani, Semarang. Minggu, 24 Mei 2020, 17:37WIB. Sangat berbahaya bagi penerbangan,” kata Alvin, yang mengunggah video balon udara itu di akun Instagram @alvinlie21.

“Langsung saya potret / rekam video. Kebetulan sdg bawa kamera,” tambahnya.

Berdasarkan informasi, balon udara yang melayang-layang itu kemudian jatuh di sekitar pompa 5 airside daerah rumput. Petugas keamanan bandara segera mengamankan benda itu untuk penyelidikan lebih lanjut.

Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Ahmad Danar Suryanyono, membenarkan peristiwa balon udara mendarat di kawasan bandara. Namun, balon udara itu tak menggangu penerbangan karena pada hari tersebut tak terdapat penerbangan komersial.

“Benar terdapat benda asing berupa balon udara yang mendarat di area bandara pada hari Minggu tanggal 24 Mei 2020 sekitar pukul 16.45 WIB. Telah diamankan oleh petugas patroli gabungan Airport Security dan BKO TNI AD,” terangnya.

“Adapun sebagai informasi bahwa pada hari Minggu tanggal 24 Mei 2020 tersebut tidak ada penerbangan komersial di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang,” paparnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini