Pergerakan Arus Balik, Warga Blora Siapkan Surat Jalan untuk ke Jakarta

Taufik Budi, Okezone · Selasa 26 Mei 2020 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 26 512 2219732 pergerakan-arus-balik-warga-blora-siapkan-surat-jalan-untuk-ke-jakarta-nw3JbubvGV.jpg Foto Ilustrasi Okezone

BLORA - Pergerakan arus balik menuju Ibu Kota Jakarta sudah mulai terlihat. Warga yang merayakan Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah di kampung halaman, mulai mempersiapkan diri untuk kembali ke perantauan.

Mereka pun disibukkan dengan beragam dokumen pribadi maupun perjalanan. Tak hanya itu, surat keterangan yang menyatakan sehat, dan bebas dari Covid-19 mesti dikantongi, jika sewaktu-waktu dicek oleh petugas gabungan.

"Hari ini tadi sudah ada tujuh warga kami yang minta surat jalan. Mereka mau balik ke Bekasi dan sekitarnya," kata Kepala Desa Pengkoljagong, Kecamatan Doplang, Kabupaten Blora, Sugiyono, saat dikonfirmasi, Selasa (26/5/2020).

 Baca juga: Antisipasi Pemudik Tanpa SIKM, Polda Jateng Sekat Tol Semarang Arah Jakarta

Sejumlah warganya itu juga mempersiapkan dokumen pendukung lain untuk menempuh perjalanan hingga Ibu Kota. Sehingga, jika terdapat pemeriksaan dari petugas di titik-titik cek poin mereka masih bisa melanjutkan perjalanan.

"Untuk surat jalan ini sebenarnya bukan persyaratan untuk SIKM (Surat Izin Keluar Masuk) wilayah. Tapi hanya untuk menerangkan mereka berangkat dari mana, dan tujuannya ke mana. Mereka tadi naik mobil pribadi, rombongan," lugasnya.

 Baca juga: Razia saat Lebaran, Polisi Sita Lebih dari 1.000 Petasan di Kota Blitar 

Menurutnya, terdapat sekira 183 warga yang mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halaman. Mereka menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing. Kebanyakan pemudik merupakan pekerja di sektor informal dan sebagian lagi adalah korban pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Untuk yang tujuh orang ini mereka pulangnya kemarin sebelum Lebaran, karena ada saudara yang sakit keras di kampung. Mereka juga minta izin ke kita sebelum pulang kemarin. Jadi selama di rumah ya mereka di rumah terus, lalu hari ini balik ke tempat kerja," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini