Pemkab Purwakarta Kebut Persiapan Kebijakan New Normal

Mulyana, Okezone · Senin 01 Juni 2020 20:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 01 525 2222945 pemkab-purwakarta-kebut-persiapan-kebijakan-new-normal-YeFIWl5azH.jpg Tempat perbelanjaan di Purwakarta dijaga aparat (Foto : Okezone.com/Mulyana)

PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta, menegbut persiapan diberlakukannya kebijakan adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Pasalnya, wilayah yang terkenal dengan Satai Marangginya ini, menjadi salah satu daerah di Jawa Barat, yang didorong menjalankan new normal.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengatakan, pihaknya terus melakukan sejumlah persiapan sebelum diberlakukan AKB ini. Salah satunya, persiapan pusat perbelanjaan yang ada di wilayahnya.

"Hari ini, kami meninjau lokasi salah satu pusat perbelanjaan untuk penerapan AKB atau new normal sesuai dengan instruksi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil," ujar Anne, kepada Okezone, Senin (1/6).

Akan tetapi, untuk penerapan AKB ini, pihaknya masih menunggu surat keputusannya. Beserta petunjuk pelaksanaannya dan petunjuk teknisnya. Namun, secara global, pihaknya siap menerapkan AKB ini. Meskipun, sampai saat ini pandemi Covid-19, masih belum berakhir.

Anne mengaku, peninjauan ke pusat perbelanjaan yang ada di Jl Taman Makam Pahlawan ini, diharapkan dapat menjadi percontohan dalam penerapan AKB. Berdasarkan pengamatannya, pusat perbelanjaan tersebut, sudah bagus dengan telah mencapai 90 persen kesiapannya.

Sehingga, masyarakat pun diminta tak lagi khawatir karena supermarket tersebut sudah layak dikunjungi. Sebab, pusat perbelanjaan modern ini, telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Terkait pembukaan tempat wisata di fase AKB atau new normal, Anne menegaskan objek wisata akan dibuka secara bertahap, mulai 7 Juni mendatang. Tahap awal, pihaknya akan membuka objek wisata kuliner dulu. Kemudian, tempat wisata lainnya akan dibuka secara bertahap.

Baca Juga : Mahfud MD: Generasi Milenial Garda Terdepan Suburkan Semangat Pancasila

Sementara itu, Store Manager Giant Purwakarta, Sardiyono, mengatakan, pihaknya memang sudah setiap hari memperhatikan penerapan protokol kesehatan dan memastikan prosedural berkaitan dengan pencegahan Covid-19. Jadi, jika AKB ini diterapkan, pihaknya sangat mendukung.

"Kami sudah lakukan step by step sampai ke area belakang. Sehingga, saat adanya kunjungan Ibu Bupati hari ini tak ada kendala di toko kami. Karena kami dan tim selalu memastikan seluruh prosedural baik dari pemerintah pusat, daerah atau dari ritel supermarket selalu kami lakukan 100 persen," jelasnya.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini