Pesawat Pengangkut BBM Tergelincir di Bandara Karubaga

Saldi Hermanto, Okezone · Selasa 09 Juni 2020 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 09 340 2226695 pesawat-pengangkut-bbm-tergelincir-di-bandara-karubaga-MWq5uOZdc4.jpg Kecelakaan pesawat kecil di Papua/Foto: Saldi Hermanto-Okezone

TIMIKA - Pesawat milik maskapai Pelita Air PK-PAG yang mengangkut bahan bakar minyak (BMM) mengalami crash landing atau tergelincir di Bandar Udara Karubaga, Kabupaten Tolikara, Papua.

Pesawat nahas tersebut terbang dari bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika pada pukul 08.00 WIT dan diawaki pilot berkebangsaan New Zealand, Anderson Matthew James (49). Kecelakaan terjadi sekitar pukul 09.15 WIT, Selasa (9/6/2020).

"Setibanya di bandara Karubaga Kabupaten Tolikara, saat akan melakukan pendaratan (landing), pesawat mengalami mengalami crash landing sehingga ban pesawat tergelincir dan menabrak pagar landasan pacu bandar udara Karubaga," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A Musthofa Kamal dalam rilis yang diterima Okezone di Timika.

Pesawat tergelincir

Pesawat yang tergelincir tersebut diketahui mengangkut BBM subsidi jenis solar sebanyak 3 ton. Saat ini juga BBM dari dalam badan pesawat telah dipindahkan ke mobil truk pengangkut BBM.

Kepolisian setempat setelah menerima laporan, kemudian mendatangi TKP dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, serta melakukan proses evakuasi terhadap pilot ke RSUD Karubaga. Selanjutnya dilakukan dilakukan penyelidikan.

"Dalam insiden tersebut tidak terdapat korban jiwa, dan saat ini pilot telah dievakuasi ke RSUD Karubaga untuk dilakukan pengecekan kondisi kesehatan oleh tim medis," ucapnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini