3 Tentara India Tewas dalam Pertempuran di Perbatasan dengan China

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 16 Juni 2020 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 16 18 2230998 3-tentara-india-tewas-dalam-pertempuran-di-perbatasan-dengan-china-pUyl3tt7pS.jpg Foto: Getty Images.

NEW DELHI - Tiga tentara India tewas dalam pertempuran kecil di sepanjang perbatasan dengan China, demikian dilaporkan New Delhi. Beijing mengklaim bahwa insiden itu terjadi setelah pasukan India melintasi perbatasan dan menembaki pasukan China.

Laporan media lokal yang dilansir RT menyebutkan, seorang perwira Angkatan Darat India dan dua tentara tewas dalam bentrokan dengan pasukan China di Lembah Galwan, Kashmir pada Senin malam (15/6/2020). Insiden ini semakin meningkatkan ketegangan antara kedua negara yang sebelumnya telah berada pada tingkat yang tinggi.

Pernyataan militer yang dikutip media India menyebutkan bahwa pejabat militer senior dari kedua negara saat ini bertemu untuk meredakan situasi.

Selama beberapa pekan terakhir, pasukan India dan China terlibat dalam ketegangan di beberapa tempat di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC) di Ladakh timur, yang merupakan bagian dari Kashmir yang dikuasai India.

Pada awal Mei, beberapa ratus tentara China dan India berhadapan dalam sebuah pertempuran singkat. Angkatan Darat India mengirim bala bantuan, termasuk kendaraan militer dan artileri, ke daerah itu menyusul peningkatan kekerasan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini