China Kirim Ahli Bela Diri untuk Latih Pasukan Pasca Bentrokan Berdarah dengan India

Rahman Asmardika, Okezone · Minggu 28 Juni 2020 10:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 28 18 2237627 china-kirim-ahli-bela-diri-untuk-latih-pasukan-pasca-bentrokan-berdarah-dengan-india-1eGqoMmRtD.jpg Foto: AFP.

BEIJING – China mengatakan telah mengirimkan 20 ahli bela diri ke dataran tinggi Tibet untuk melatih pasukannya. Tidak ada alasan resmi dari keputusan itu, namun langkah itu diambil pasca bentrokan berdarah dengan pasukan India di perbatasan yang disengketakan kedua negara.

Berdasarkan perjanjian sejak 1996, tidak ada pihak yang diperbolehkan membawa senjata atau bahan peledak di daerah tersebut.

China belum merilis informasi tentang korbannya, sementara India mengatakan 76 tentaranya terluka.

Berita tentang pelatih seni bela diri baru tentara dilaporkan oleh kantor berita resmi China pada 20 Juni, menurut media Hong Kong yang dilansir BBC.

Kantor siaran negara, CCTV mengatakan 20 petarung dari Enbo Fight Club akan bermarkas di Ibu Kota Tibet, Lhasa, meskipun media China belum mengonfirmasi bahwa mereka akan melatih pasukan di perbatasan dengan India.

China dan India, dua negara berkekuatan nuklir, telah saling menyalahkan atas pertempuran di lembah sungai Galwan di Ladakhon pada 15 Juni.

Daerah itu, dengan iklimnya yang keras dan dataran tinggi, dekat dengan Aksai Chin, daerah yang disengketakan yang diklaim oleh India tetapi dikendalikan oleh China.

Kematian selama pertempuran adalah kematian pertama dalam bentrokan antara kedua pihak dalam hampir setengah abad.

Namun, ketegangan yang sudah berlangsung lama antara India dan China mengenai Garis Kontrol Aktual (LAC), perbatasan yang dibatasi dengan buruk antara dua kekuatan bersenjata nuklir, telah meningkat lagi dalam minggu-minggu menjelang insiden tersebut.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini