Marah ke China, Demonstran India Malah Bakar Patung Kim Jong-un

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 19 Juni 2020 19:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 18 2233176 marah-ke-china-demonstran-india-malah-bakar-patung-kim-jong-un-ZwAu9hCsg9.jpg Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. (Foto: Reuters)

ORANG-orang di berbagai bagian India menggelar protes mengecam China di jalan-jalan dan balkon rumah mereka menyusul pertempuran antara pasukan kedua negara di Garis Kontrol Aktual (LAC) di Ladakh yang mengakibatkan kematian 20 tentara India.

Namun, sebuah video pekerja partai (Bharatiya Janata/BJP) berkuasa yang melakukan protes di Asansol terhadap serangan China telah beredar karena alasan yang berbeda.

Dalam video itu, para pengunjuk rasa tampaknya bingung membedakan antara Presiden China Xi Jinping dengan Kim Jong-un. Mereka terlihat membakar patung Pemimpin Korea Utara itu sebagai pemrotes terhadap China.

“Kami memprotes China, dan apa yang terjadi di Ladakh. Karena itu, kami akan membakar patung ‘Perdana Menteri China Kim Jong-Un ’,” kata seorang demonstran yang mengidentifikasi dirinya sebagai presiden divisi BJP Selatan Asansol sebagaimana dilansir The Week.

“Kami juga meminta orang untuk memboikot produk China dan hanya menggunakan yang 'swadeshi' (buatan India). Kami akan mencoba yang terbaik untuk melemahkan China dengan tidak membayar produk mereka. "

Bentrokan yang terjadi di Lembah Galwan antara pasukan India dan Cina pada Senin malam (15/6/2020) adalah konfrontasi pertama sejak 1967 yang menewaskan personel militer di LAC.

Insiden yang mengakibatkan kematian 20 tentara telah membuat marah warga India dan mendorong sentimen anti-China. Dalam insiden serupa, beberapa warga masyarakat di Surat, Gujarat terlihat melemparkan dari balkon sebuah televisi yang dibuat oleh perusahaan Cina dan kemudian menginjaknya untuk menunjukkan kemarahan mereka.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini