Tanggul Baru Rampung Dibangun Jebol, Ratusan Rumah Terendam Banjir

Acep Muslim, iNews · Jum'at 19 Juni 2020 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 19 525 2232833 tanggul-baru-rampung-dibangun-jebol-ratusan-rumah-terendam-banjir-Oa4fDJmBFq.jpg Ilustrasi

CIAMIS - Hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis, Jawa Barat, menyebabkan tanggul Sungai Citanduy di Kecamatan Panumbangan Jebol dan merendam ratusan rumah warga.

Warga berharap pemerintah serius dalam menangani banjir yang kerap terjadi di kawasan hulu Sungai Citanduy tersebut, pasalnya tanggul yang jebol tersebut baru saja selesai beberapa bulan dibangun.

Sedikitnya 100 rumah warga di Dusun Cikopeng, Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Ciamis terendam banjir. Air mulai merendam rumah warga sejak Jumat dini hari tadi dan terus meluas hingga ketinggian lutut orang dewasa.

Sebagian besar warga langsung berusaha menyelamatkan perabotan rumahnya, ke tempat yang lebih aman. Sementara para lansia sempat dievakuasi ke sebuah pesantren setempat.

"Tidak hanya pemukimanan, puluhan hektare areal persawanhan dan belasan kolam ikan milik warga terendam banjir," jelas Ketua RW 07 Dusun Cikopeng, Anem.

Anem mengatakan, ini merupakan banjir yang ke empat kalinya selama musim hujan. Warga menyesalkan, pembangunan tanggul yang berulang kali dilakukan pihak BBWS namun kembali jebol.

Khawatir terjadi banjir susulan, warga kini siaga 24 jam, mengingat curah hujan masih tinggi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini