Sempat Rendam 5 Kampung, Banjir di Tasikmalaya Berangsur Surut

Arie Dwi Satrio, Okezone · Sabtu 20 Juni 2020 00:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 20 525 2233296 sempat-rendam-5-kampung-banjir-di-tasikmalaya-berangsur-surut-kM0Lag28ql.jpg ilustrasi

JAKARTA - Banjir yang sempat merendam lima kampung di Desa Tanjungsari, Tasikmalaya, Jawa Barat, pada pagi tadi, berangsur surut pada malam hari ini. Kondisi tinggi muka air terpantau mulai surut kisaran 40 sampai 60 cm.

"Setelah terendam hingga ketinggian 150 cm, banjir beberapa titik di Desa Tanjungsari berangsur surut. Kondisi terkini termonitor tinggi muka air antara 40 - 60 cm," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati melalui keterangan resminya, Jumat 19 Juni 2020, malam.

Sekadar informasi, banjir yang merendam Desa Tanjungsari, terjadi sekira pukul 05.30 WIB. Saat ini, BPBD Kabupaten Tasikmalaya masih memonitor banjir yang mulai berangsur surut di beberapa titik dengan tinggi muka air 40 hingga 60 cm.

"Saat ini, dilaporkan cuaca mendung, sedangkan sebagian wilayah lain di Kabupaten Tasikmalaya mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," imbuhnya.

Baca Juga : "Teror" Benang Layangan di Jalan, Kali Ini Sayat Leher Emak-Emak Biker

Berdasarkan laporan yang diterima dari BPBD setempat, kata Raditya, banjir mengakibatkan 500 Kepala Keluarga (KK) dan sekira 70 hektar lahan pertanian serta perikanan, terdampak. Namun, sejauh ini belum ada laporan terkait korban mengungsi.

"Banjir sendiri disebabkan salah satunya oleh hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya Sungai Cikidang dan Sungai Citanduy," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini