Share

Kapal Nelayan Terbalik di Pulau Pisang Padang, 9 Selamat dan 4 Hilang

Rus Akbar, Okezone · Senin 22 Juni 2020 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 340 2234166 kapal-nelayan-terbalik-di-pulau-pisang-padang-9-selamat-dan-4-hilang-ftpRHnl7MF.jpg Kru kapal dievakuasi tim SAR di perairan Kota Padang, setelah kapal yang ditumpangi terbalik di kawasan Pulau Pisang, Padang. (Basarnas Padang)

PADANG – Sebanyak sembilan orang pemancing dan kru kapal ditemukan selamat di perairan Kota Padang, Sumatera Barat, setelah kapal mereka mengalami kebocoran dan terbalik akibat dihantam badai. Sementara empat orang lainnya masih belum ditemukan dan hingga kini masih dalam pencarian.

Kepala Kantor SAR Padang, Asnedi menjelaskan, awalnya pukul 07.40 WIB, ditemukan sebanyak enam orang. Mereka mengapung di bangkai kapal yang terbalik. Kemudian pukul 09.05 WIB, tiga orang ditemukan berjarak 10 kilometer dari kapal terbalik.

“Lokasi tenggelamnya kapal tersebut di kawasan Pulau Pisang dekat Pantai Air Manis Padang. Mereka ditemukan dalam keadaan lemas dan sudah kita evakuasi sementara di KN Yudhistira untuk dibawa ke pinggir dan dilakukan pertolongan lebih lanjut ke puskesmas terdekat. Untuk perkembangan lebih lanjut, nanti kita infokan kembali," katanya, Senin (22/6/2020).

Kru kapal dievakuasi tim SAR di perairan Kota Padang, setelah kapal yang ditumpangi terbalik di kawasan Pulau Pisang, Padang. (Basarnas Padang)

Sementara selebihnya masih dalam pencarian dengan KN SAR Yudhistira SAR 227, RIB 02 Padang dan nelayan, perahu karet Basarnas Padang dan Airud dan RIB Satrol AL dan nelayan.

Awal kejadian kapal terbalik itu pada Minggu (21/6/2020) sekira pukul 09.00 WIB. Perahu pancing diawaki dua kru membawa 15 pemancing menuju Pulau Toran sekira pukul 11.00 kapal mengalami kerusakan. Salah satu dari pemancing menelepon kapal pembantu, dan pukul 17.00 WIB kapal pembantu sampai di Pulau Toran dan bertemu kapal pertama. Kapten kapal pertama berusaha memperbaiki dan mesin dapat dihidupkan.

Mengingat mesin kapal pertama kurang baik, pemancing yang ada di kapal pertama pindah ke kapal kedua sebanyak 13 orang (10 pemancing dan 3 kru kapal). Sekira pukul 18.00 WIB, kedua kapal bergerak dengan cara posisi kapal pertama ditarik kapal kedua.

Kru kapal dievakuasi tim SAR di perairan Kota Padang, setelah kapal yang ditumpangi terbalik di kawasan Pulau Pisang, Padang. (Basarnas Padang)Kru kapal dievakuasi tim SAR di perairan Kota Padang, setelah kapal yang ditumpangi terbalik di kawasan Pulau Pisang, Padang. (Basarnas Padang)

“15 menit perjalanan kapten kapal pertama meminta untuk melepaskan tali karena merasa mesin kapal cukup baik. Kapal berlayar beriringan karena kondisi kapal pertama mesinnya kurang baik dan kapal pertama tertinggal jauh oleh kapal kedua. Ternyata kapal pertama lebih dulu memasuki Pelabuhan Muara Padang sekira pukul 22.00 WIB sedang kapal kedua yang dipindahkan awaknya tertinggal jauh,” tuturnya.

Sekira pukul 22.30, salah seorang dari pemancing di kapal kedua menelepon BNPB bahwa kondisi kapal kedua mengalami kebocoran dan terbalik di daerah seputaran Gosong Gadang.


Baca Juga : KM Puspita Jaya Dihantam Ombak di Selat Sunda, 10 Orang Hilang

Awak kapal yang berhasil dievakuasi SARS gabungan itu adalah Fikram Mukalik (20) warga Batang Harau, Taufik Hidayat (26) warga Teluk Kabung Bungus, Triandika Ananda (23) warga Gunung Pangilun, Sorono (45), Tanah Sirah Piai, Efendi Mursalim (34) warga Lubuk Minturun, Surawan (34), Alfajri (32), Suranto (34), dan Koda Rodi (33).


Baca Juga : Perahu Terbalik, 4 Guru di Ogan Ilir Tewas Tenggelam

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini