Kasus DBD di Kota Tasikmalaya Meningkat, 11 Orang Meninggal

Asep Juhariyono, iNews · Senin 22 Juni 2020 19:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 22 525 2234468 kasus-dbd-di-kota-tasikmalaya-meningkat-11-orang-meninggal-PhR4mIXuGM.jpg Fogging untuk mencegah kasus DBD di Tasikmalaya. (Foto : iNews/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA – Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, meningkat di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Dinas Kesehatan Tasikmalaya mencatat hampir 500 warga terjangkit DBD.

Pemerintah daerah setempat belum menetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB). Padahal 11 orang dari 500 yang terkena DBD ini meninggal dunia. Enam di antaranya anak-anak.

Selama tiga bulan terakhir, peningkatan kasus DBD di Tasikmalaya hampir 100 persen. Pasien yang banyak diserang adalah balita, dewasa, dan orangtua. Rata-rata pasien berumur 4 sampai 65 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat mengatakan, sejak Januari-Mei 2020, kasus DBD mencapai 412 kasus dengan angka kematian delapan orang. "Kini kasusnya meningkat," ujar Uus Supangat.

Fogging untuk mencegah DBD di Tasikmalaya. (Foto : iNews/Asep Juhariyono)

Pihaknya melalui puskesmas terus berupaya melakukan penyuluhan di masyarakat. Selain itu, pihaknya menggerakkan kembali RW Siaga di setiap perkampungan. Langkah ini untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk aedes aegypti ini.

"Selain melakukan fogging, pemerintah daerah terus menggalakkan PSN (penyemprotan sarang nyamuk) di setiap wilayah endemi," tuturnya.

Baca Juga : Masyarakat Diharapkan Waspadai Ancaman Demam Berdarah di Masa Pandemi Covid-19

Dia juga mengingatkan masyarakat tetap meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.

Kebersihan lingkungan rumah, Uus melanjutkan, menjadi kunci agar terhindar dari serangan nyamuk ini. Tapi faktanya, masih banyak yang mengabaikan kebiasaan baik itu, misalnya menguras bak mandi, menimbun barang bekas dan menutup genangan air.

Baca Juga : Waspadai Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti pada Pagi dan Sore Hari

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini