Ricuh Demo Pembagian Bansos di Madina, Bupati: Ada yang Menunggangi

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Selasa 30 Juni 2020 13:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 608 2238764 ricuh-demo-pembagian-bansos-di-madina-bupati-ada-yang-menunggangi-McEDpbjK5w.jpg Mobil terbakar akibat demo terkait pembagian bansos yang berujung kericuhan di Madina. (Ist)

MEDAN – Bupati Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Dahlan Hasan Nasution, menyebut ada pihak yang menunggangi aksi demonstrasi anarkis di Desa Mompang Julu, Panyabungan Utara, Madina, pada Senin, 29 Juni 2020.

Akibat demo anarkis itu, sebanyak enam polisi terluka. Massa aksi juga membakar setidaknya satu sepeda motor dan dua mobil, termasuk mobil Wakapolres Madina.

“Ada yang nunggangi,” kata Dahlan saat dihubungi dari Medan, Selasa (30/6/2020).

Dahlan menyebut, pihak yang menunggangi aksi demonstrasi anarkis itu diduga merupakan orang-orang yang menjadi lawan politik sang kepala desa.

“Mungkin ada lawan-lawan dia waktu Pilkades lalu, kalau menurut saya. Tapi, coba tanya Pak Kapolres,” ucapnya.

Bupati mengimbau masyarakat tetap tenang semuanya, kembali ke rumah masing-masing dan jangan lagi memblokir jalan. “Jalinsum itu kan banyak yang gunakan. Kasihan mereka yang membutuhkan,” katanya.

Aksi demonstrasi anarkis ini bermula dari desakan warga agar Kepala Desa Mompang Jaya diberhentikan dan diproses hukum. Itu karena ia dinilai tidak transparan dalam pembagian dana bantuan sosial tunai dari pemerintah, serta dalam pengelolaan dana desa sejak 2018.


Baca Juga : Demo Pembagian Bansos Berakhir Ricuh, Mobil Wakapolres Dibakar Massa

Dalam aksinya, warga sempat memblokir jalan. Saat akan dimediasi, sejumlah massa mengamuk dan melakukan penyerangan kepada aparat kepolisian dan TNI yang mengamankan aksi tersebut.

Mereka melempari petugas dengan batu dan membakar sejumlah kenderaan. Aksi demo anarkis ini terjadi hingga dini hari tadi. Saat ini, kasus demo anarkis itu masih dalam penyelidikan polisi.


Baca Juga : 6 Polisi Terluka Dalam Kericuhan Pembagian Bansos di Madina

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini