Sungai Bone Meluap, Permukiman di 5 Kelurahan Terendam Banjir 2 Meter

Zainal Ahmad, iNews · Sabtu 04 Juli 2020 01:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 340 2241001 sungai-bone-meluap-permukiman-di-5-kelurahan-terendam-banjir-2-meter-lpr44Q0v7J.png Foto: Illustrasi Okezone.com

BONE - Meluapnya sungai Bone akibat hujan seharian, membuat permukiman warga di lima kelurahan di Kota Gorontalo kebanjiran. Akibatnya ribuan warga terpaksa mengungsi.

Tim SAR gabungan mengevakuasi warga korban banjir bandang, dengan menggunakan perahu karet, untuk mencari warga yang terjebak di rumah. Selain dibantu petugas, sebagian warga melakukan evakuasi mandiri dengan membawa keluarga serta barang berharga.

Lima kelurahan yang diterjang banjir bandang adalah, kelurahan Padebuolo, kelurahan Bugis, Ipilo, Talumolo, dan kelurahan Siendeng. Lima kelurahan terendam banjir karena berada di bantaran sungai Bone.

“Ketinggian banjir mencampai dua meter dan sebagian besar rumah warga terendam,” kata aparat kelurahan Bugis, Winko Hamili, Sabtu (4/7/2020).

Illustrasi Banjir

Saat ini warga telah berada di sejumlah titik posko pengungsian yang disediakan oleh pemerintah Kota Gorontalo, dan Pemerintah Provinsi Gorontalo, salah satunya di gedung Belle Limbu’i.

Dari data Pemkot Gorontalo, hingga pukul 22.00 waktu setempat, warga yang mengungsi berjumlah 3.887 jiwa, dimana sebagian besar diantaranya adalah pengungsi wanita, balita, anak-anak, serta lansia.

Selain merendam permukiman warga, banjir bandang juga merendam sejumlah ruas jalan di wilayah tersebut dan membuat arus lalu lintas terganggu, bahkan beberapa ruas jalan sudah tidak bisa lagi dilintasi kenderaan baik roda dua maupun roda empat.

(wal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini