Share

Serbuan Belalang Kembara Ancam Keselamatan Penerbangan di NTT

Dion Umbu Ana Lodu, iNews · Rabu 15 Juli 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 340 2246702 serbuan-belalang-kembara-ancam-keselamatan-penerbangan-di-ntt-vB9xCrrFdD.jpg Belalang serbu bandara di NTT. Foto: iNews

SUMBA - Belalang kembara terus "menebar" ancaman di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jika sebelumnya tersebar pada sejumlah spot di hamparan Padang Sabana, terbaru belalang kembara bahkan telah “menyerbu” Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK), dan mengancam aktivitas penerbangan.

Keberadaan belalang sempat membuat aktivitas penerbangan, baik landing dan take off terganggu. Hal itu karena belalang kembara memenuhi udara hingga menggangu jarak pandang. Bahkan kawanan hewan tersebut juga menjejali landasan atau run away.

Kepala Bandara Umbu Mehang Kunda, Hariyanto mengatakan keberadaan belalang tersebut masih terus dipantau, dan kemungkinan aktivitas penerbangan akan dihentikan karena mengancam keselamatan.

“Kalau sampai menutupi run way, mungkin akan ada penundaan penerbangan itu sendiri,” ujarnya pada Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Belalang Kembara "Serbu" Kawasan Bandara Umbu Mehang Kunda

“Bilamana (jumlah belalang) meningkat tentu akan dilakukan locktime yang mana akan diberitahukan kepada pilot apakah itu aman untuk landing take off pesawat itu sendiri,” tambah Hariyanto.

Adapun hingga kini, petugas dari delapan kecamatan di Kabupaten Sumba Timur telah melaporkan adanya koloni besar belalang kembara yang juga dikenal dengan nama locusta migratoria.

Keberadaannya berpotensi mengancam lahan pertanian milik warga, walaupun kini masih menduduki lebih dari 1400 spot hamparan Sabana.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini