Idul Adha di Tengah Pandemi Covid-19, RK: Beli Sapi Secara Online Saja

CDB Yudistira, Okezone · Kamis 16 Juli 2020 22:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 525 2247651 idul-adha-di-tengah-pandemi-covid-19-rk-beli-sapi-secara-online-saja-eQk1nwpQPJ.jpg Gubernur Jabar, Ridwan Kamil

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta masyarakat, untuk tidak melakukan penjualan hewan kurban di lokasi yang sempit. Emil, begitu sapaannya, merekomendasikan penjualan hewan kurban dilakukan secara online.

"Dimaksimalkan pembeliannya secara online. Sehingga proses ini memungkinkan selama (pandemi) Covid-19 kan. Dulu bedanya beli baju online, sekarang beli kambing dan sapi (secara) online. Itu butuh sebuah kampanye kesadaran," kata Emil, di Bandung, Kamis (16/7/2020).

"Tidak boleh menjual (hewan kurban) di tempat yang sempit yah. Sekarang tolong diatur secara ketat. Hanya daerah yang lapangnya besar dan terbuka itu diizinkan untuk melakukan penjualan (hewan kurban secara langsung)," imbuhnya.

Kemudian selain menyarankan penjualan hewan kurban secara online, Emil juga meminta masyarakat tidak memenuhi saat pelaksanaan penyembelih hewan kurban.

Hanya panitia, yakni orang yang melakukan tugas sebagai penyembelih hewan kurban dan orang yang akan berkurban untuk datang ke tempat penyembelihan.

"Kemudian tidak boleh ada pembagian secara fisik, sudah diperintahkan pembagian daging kurban itu harus door to door, panitia khusus wajib selama pandemi membuat sistem untuk membagikan ke rumah-rumah. Maka berdayakanlah relawan, karang taruna atau PKK yang berbasis kewilayahan," katanya.

"Tidak boleh juga memakai kantong plastik. Ada dua minggu persiapan untuk menggunakan besek, sehingga berdayakan ekonomi lokal yang membuat besek dari anyaman bambu," sambung dia.

Untuk salat Ied, Emil menghimbau bagi para orang lanjut usia dan anak-anak agar tidak mengikuti salat Ied. Hal itu untuk antisipasi penyebaran covid-19. Soal pelaksanaan Emil hanya memberi syarat agar menjaga jarak.

"Sementara anak anak dan lansia direkomendasi tidak (ikut solat berjamaah idul adha). Menjaga keamanan dan kesehatan," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini