Banjir Rendam 17.000 Rumah di Wajo, Warga Butuh Bantuan Sembako

Amnar Sengkang, iNews · Jum'at 17 Juli 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 17 609 2247984 banjir-rendam-17-000-rumah-di-wajo-warga-butuh-bantuan-sembako-6GEsr6NW0U.jpg Banjir rendam 17 ribu rumah di Wajo. Foto: iNews

WAJO - Banjir merendam 17.000 rumah di 78 desa/kelurahan dalam sembilan kecamatan di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Jumat (17/7/2020). Ketinggian air bervariasi, namun yang paling parah sekira 4 meter.

“Kondisi banjir saat ini meningkat dan makin meluas. Ada sembilan kecamatan, 78 desa-kelurahan, serta ada 17.000 rumah yang terpantau,” ujar Koordinator TRC Terpadu Bencana Wajo, Ardi Anugerah.

Banjir yang diakibatkan meluapnya Sungai Walenae dan Danau Tempe itu membuat 212 kepala keluarga (KK) dievakuasi oleh petugas ke tenda pengungsian. Sementara 97 KK lainnya mengungsi secara mandiri.

Baca Juga: 17 Ribu Rumah di Wajo Terendam Banjir

Untuk diketahui, banjir semakin parah karena tanggul Sungai Walenae jebol akibat derasnya kiriman air dari hulu di kabupaten tetangga. Sebagai bagian dari penanganan bencana ini, status tanggap darurat telah dikeluarkan.

“Untuk statusnya sendiri sudah ada penetapan dari Pak Bupati, status tanggap darurat,” ucap Ardi.

Sementara itu korban banjir, baik yang di posko pengungsian maupun yang bertahan di rumah berharap uluran tangan pemerintah. Salah satu pengungsi, Rosmini mengatakan korban membutuhkan sembako.

“Air sudah sepinggang di dalam rumah. Sekarang yang saya butuhkan di sini, semuanya kita butuhkan. Kalau ada yang disediakan, kita terima Alhamdulillah,” ujarnya.

Koordinator TRC Terpadu Bencana Wajo Ardi Anugerah melanjutkan, pihaknya telah melakukan pendistribusian sembako kepada korban banjir.

“Selain Pemerintah Kabupaten Wajo, melalui tim terpadu sering melakukan pemantauan, asesman, dan distribusi paket Sembako,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini