Australia Catat Rekor Tertinggi Kasus Covid-19

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 27 Juli 2020 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 18 2252840 australia-catat-rekor-tertinggi-kasus-covid-19-qqkwoTdS4Z.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

CANBERRA - Australia pada Senin (27/7/2020) mencatat jumlah tertinggi kasus harian virus corona baru sejak pandemi dimulai. Angka itu tercatat di saat para pejabat berharap wabah di Melbourne yang saat ini dalam penguncian, telah mencapai puncaknya.

Sehari setelah Australia melaporkan jumlah kematian harian tertinggi, pihak berwenang mengonfirmasi setidaknya 549 infeksi Covid-19 baru. Hampir seluruh kasus tersebut tercatat di negara bagian terpadat kedua, Victoria yang melaporkan 532 kasus.

Pihak berwenang mengakui gelombang kedua klaster di Melbourne, Ibu Kota Victoria, membutuhkan waktu lebih lama untuk ditekan dari yang diharapkan.

BACA JUGA: Kasus Corona Melonjak, Australia Kembali Terapkan Lockdown di Melbourne

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan tingginya jumlah kasus baru di Victoria menunjukkan bagaimana penularan penyakit di antara orang yang lebih muda, yang dianggap berisiko lebih rendah, dapat menyebar ke fasilitas perawatan lansia melalui anggota keluarga.

"Di Victoria masih ada jalan panjang," kata Morrison kepada wartawan sebagaimana dilansir Reuters pada Senin.

"Kami masih melihat jumlah kasus pada tingkat tinggi dan... ketika Anda mendapatkan transmisi berbasis komunitas, butuh waktu untuk menurunkannya".

Saat ini Victoria memiliki total 8.173 kasus Covid-19, dan pada Senin melaporkan enam kematian akibat penyakit tersebut, menjadikan total korban meninggal dunia di negara bagian itu menjadi 77.

BACA JUGA: Sepekan Lebih di-Lockdown, Kasus Covid-19 di Melbourne Tetap Tinggi

Negara Bagian New South Wales (NSW) yang bertetangga juga bergulat dengan beberapa klaster virus yang bermunculan di sebuah hotel, restoran Thailand dan sebuah klub. NSW melaporkan 17 kasus baru pada Senin, menjadikan total 3.496 kasus, dengan sekira 1.100 aktif.

Australia telah mencatat total 14.935 kasus Covid-19 dan 161 kematian. Pihak berwenang pada Senin memperingatkan lebih banyak nyawa akan hilang karena infeksi terus meningkat.

"Tragedi COVID-19 adalah yang kita tahu, dengan jumlah infeksi baru yang kita lihat hari ini, bahwa akan ada banyak kematian lebih lanjut di hari-hari mendatang," Wakil Kepala Petugas Medis Michael Kidd mengatakan kepada wartawan.

Lebih dari 16,13 juta orang telah dilaporkan terinfeksi oleh virus corona baru secara global dan 644.836 telah meninggal, menurut penghitungan Reuters.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini