Teror Harimau, BKSD Pasang Perangkap dengan Umpan 1 Kambing

Demon Fajri, Okezone · Senin 27 Juli 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 340 2252792 teror-harimau-bksd-pasang-perangkap-dengan-umpan-1-kambing-cY5GO2Cb0P.jpg Jejak harimau usai makan kambing milik warga. Foto: Istimewa

BENGKULU - Teror Harimau Sumatera (Panthera Tigris Sumatrae) terjadi di Desa Tumbuan, Kecamatan Lubuk Sandi, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Bengkulu. Di sana sebelah kambing milik warga diterkam dan yang tersisa hanya jejak sang pemangsa.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, kini telah dipasang satu perangkap harimau. Kepala Seksi Konservasi BKSDA Wilayah II Kabupaten Seluma, Bengkulu, Mariska mengatakan perangkap tersebut disertai umpan berupa satu ekor kambing.

''Tadi, sudah dipasang perangkap, dengan umpannya satu ekor kambing,'' ujar Mariska kepada Okezone, Senin (27/7/2020).

Ia juga mengatakan harimau yang memangsa ternak warga tersebut belum dapat dipastikan jumlahnya. ''Belum dapat kita pastikan, apakah lebih dari satu ekor atau lebih,'' tutur Mariska.

Ia menerangkan, lokasi harimau 11 kambing masih masuk dalam wilayah jelajah Harimau. Di daerah tersebut berjarak sekira 8 kilometer (KM) dari Taman Buru Semidang Bukit Kabu, Kabupaten Seluma.

Baca Juga:  Harimau Terkam 11 Kambing, Warga Diminta Waspada 

''Daerah yang menjadi lokasi harimau memangsa ternak berdekatan dengan Taman Buru Semidang Bukit Kabu, dan itu masih masuk wilayah jelajah atau lintasan harimau,'' terang Mariska.

Mariska menambahkan, kejadian Harimau turun gunung ke areal perkebunan warga di daerah itu merupakan kejadian pertama kalinya. Sebab, pada tahun sebelumnya kejadian Harimau memangsa ternak belum pernah terjadi di wilayah tersebut.

''Ini untuk pertama kalinya terjadi di desa itu. Pada tahun sebelumnya belum ada terjadi di desa itu. Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati, dan jangan main hakim sendiri,'' pungkas Mariska.

Baca Juga:  Harimau Dekati Permukiman, 11 Kambing Milik Warga Diterkam 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini