Indonesia Terima 100 Unit Ventilator Bantuan dari AS

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 28 Juli 2020 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 18 2253350 indonesia-terima-bantuan-100-unit-ventilator-dari-as-F6sZCHbodX.jpeg Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyaksikan serah terima ventiulator dari Wakil Dubes AS di Jakarta, Heather Variava (kiri) kepada Sekjen Kemenkes Oscar Primadi (kanan) di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, 28 Juli 2020. (Foto: Dok. Kemlu RI)

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Repubik Indonesia Retno Marsudi menyaksikan penyerahterimaan 100 unit ventilator bantuan dari Amerika Serikat (AS) untuk tanggapan pandemi Covid-19 Indonesia.

Penyerahterimaan ventilator itu diserahterimakan secara simbolis oleh Wakil Duta Besar sekaligus Kuasa Usaha Kedutaan Besar AS di Jakarta, Heather Variava kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI, Oscar Primadi di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta pada Selasa (28/7/2020).

Ke-100 unit ventilator itu adalah bagian dari bantuan 1.000 ventilator yang dijanjikan Presiden Donald Trump kepada Presiden Joko Widodo dalam percakapan telepon pada April 2020. Penyerahan bantuan ventilator itu akan dilakukan secara bertahap hingga Agustus mendatang.

BACA JUGA: Donald Trump Siap Bantu Jokowi Sediakan Ventilator Tangani Corona

Menlu Retno menyampaikan ucapan terima kasih dari rakyat dan Pemerintah Indonesia kepada Pemerintah AS atas bantuan yang diberikan. Dia juga mengatakan bahwa bantuan ventilator ini adalah contoh nyata dari kolaborasi AS dan Indonesia yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi pandemi.

Foto: Dok. Kemlu RI.

“Respons kolektif adalah kunci untuk mengatasi tantangan global ini sebesar ini,” ujarnya dalam pidato yang disampaikan usai serah terima.

BACA JUGA: Jokowi dan Trump Sepakat Tingkatkan Kerjasama Alat Kesehatan Dalam Hadapi Covid-19

Sementara Wakil Dubes Variava mengatakan bahwa AS telah berkomitmen untuk memberikan dukungan dan bantuan bagi Indonesia dalam upaya menghadapi pandemi Covid-19. Selain dukungan dalam bentuk ventilator, AS juga telah mengucurkan USD11 juta atau sekira Rp187 miliar untuk membantu tanggapan Covid-19 Indonesia.

“Dukungan dermawan dari rakyat Amerika ini menyelamatkan nyawa dengan melengkapi petugas kesehatan Indonesia dengan alat yang mereka butuhkan; meningkatkan laboratorium, pengawasan penyakit, dan kapasitas respons cepat Indonesia; mempercepat deteksi dan pelacakan kasus; dan meningkatkan komunikasi risiko untuk memastikan bahwa lebih banyak orang Indonesia tahu bagaimana melindungi diri mereka sendiri dan satu sama lain,” ujarnya.

(dka)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini