Cipali Ramai Lancar dan Pantura Landai, 637 Petugas Kawal Arus Mudik Idul Adha

Fathnur Rohman, Okezone · Kamis 30 Juli 2020 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 30 525 2254719 cipali-ramai-lancar-dan-pantura-landai-637-polisi-kawal-arus-mudik-idul-adha-mPGlBTbSIY.jpg Lalin di Tol Cipali. Foto: Fathnur Rohman - Okezone

CIREBON – Malam takbiran Idul Adha 1441 H atau pada Kamis petang (30/7/2020), kondisi arus lalu lintas (lalin) di Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, masih ramai lancar.

Berdasarkan pantauan Okezone di GT Palimanan Tol Cipali pukul 18.20 WIB, kendaraan roda empat dari luar daerah, utamanya dari arah Jakarta menuju Jawa mendominasi arus lalin di Tol Cipali. Hal tersebut juga terjadi pada arah sebaliknya. Meski demikian, hingga saat ini tidak ada kemacetan di lokasi.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi memprediksi, bahwa puncak arus mudik di GT Palimanan Tol Cipali akan terjadi pada Kamis malam ini. Menurutnya, sejak siang tadi, ada kenaikan volume kendaraan dari kedua arah. Akan tetapi, situasi lalin masih terpantau normal dan lancar.

"Arus kendaraan masih normal lancar. Ada sedikit peningkatan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa dan sebaliknya bila dibandingkan dengan hari-hari biasa. Malam ini diprediksi jadi puncak arus balik," kata Syahduddi saat ditemui Okezone, Kamis (30/7/2020).

Syahduddi menilai, pada musim mudik lebaran haji atau Idul Adha 1441 H, peningkatan kendaraan terjadi hanya di Jalan Tol. Sedangkan, untuk di Jalur arteri Pantura Cirebon belum ada kenaikan yang cukup signifikan alias masih landai.

Baca Juga:  Di Luar Perkiraan, Begini Peningkatan Volume Kendaraan di Tol Cipali Jelang Idul Adha

Guna mengantisipasi lonjakan volume kendaraan baik di dalam jalan tol maupun di jalur arteri, Polresta Cirebon sudah mendirikan sejumlah pos pengamanan di beberapa titik. Syahduddi menyebut pada musim lebaran haji ini pihaknya sudah menyiagakan sekitar 637 personel untuk mengawal arus mudik.

"Kami sudah menyiapkan pos pengamanan di beberapa titik, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan arus kendaraan baik di jalur arteri ataupun di jalan tol," ujar Syahduddi.

Masih kata Syahduddi, ada kemungkinan kalau para pemudik memang sengaja memilih pulang ke kampung halamannya pada musim lebaran haji tahun ini. Sebab, pada musim mudik lebaran Idul Fitri kemarin, mereka tidak dapat pulang ke kampung halamannya dikarenakan ada kebijakan dari pemerintah pusat, untuk melarang masyarakat melakukan mudik.

"Mungkin karena kemarin ada kebijakan mudik, mereka memilih momentumnya hari ini," tutur Syahduddi.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini