Patut Dicontoh, Masjid Ini Sediakan Wifi Gratis untuk Anak Sekolah Belajar Daring

Puji Hartono , iNews · Senin 03 Agustus 2020 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 03 512 2255910 patut-dicontoh-masjid-ini-sediakan-wifi-gratis-untuk-anak-sekolah-belajar-daring-pVBlaDvQqP.JPG Anak-anak belajar daring di Masjid (Foto: iNews/Puji)

MAGELANG - Berawal dari kegelisahan dan pengeluaran harian para orangtua saat dimintai kuota data internet untuk tugas sekolah, sebuah masjid di Magelang, Jawa Tengah, menyedikan wifi gratis untuk para pelajar.

Kini setiap hari, puluhan anak-anak dapat mengejarkan tugas daring tanpa harus meminta uang untuk membeli kuota, menariknya lagi saat pembelajaran di masjid mereka didampingi dan diawasi oleh para pemuda desa.

Masjid itu bernama At-taqwa di Dusun Jligudan Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Magelang. Setiap pagi, hampir tak pernah sepi oleh anak anak yang silih berganti datang ke masjid. Mereka sengaja ke masjid untuk mengerjakan berbagai tugas sekolah melalui pembelajaran online, lantaran di masjid disediakan wifi gratis bagi pelajar.

Kegiatan ini berawal dari kegelisahan para orang tua atas pengeluaran yang meningakat lantaran di mintai kuota data internet untuk tugas sekolah, padahal sebagaian warga adalah berkerja sebagai pedagang di komples wisata Candi Borobudur yang sedang paceklik imbas Covid-19.

"Terobosan ini diambil untuk memberi jalan keluara atas keluh kesah para orang tua, mas, dan kesepakatan warga," jelas Ketua RW XIV, Desa Borobudur, Bujono.

Sementara itu, menurut Ketua Karang Taruna Dusun Jligudan, pujiono, dalam pembelajaran di masjid anak anak di sengaja didampingi oleh beberapa pemuda yang bergiliran, hal ini untuk memantau anak saat belajar dan membantu jika mereka kesusahan.

"Internet dipasang sudah 1 minggu ini mas, dan langsung di gukan anak anak," jelas Pujiono.

Adanya wifi gratis ini pun disambut gembira para pelajar, mereka mengaku tidak harus kuwatir jika sewaktu waktu kuota intenet habis saat mengerjakan tugas.

"Senang mas dan sangat terbantu dengan adanya wifi gratis ini," jelas Via, pelajar kelas 5 SD.

Meski demikian para anak anak ini berharap pandemi segera berakhir dan mereka dapat kembali belajar di sekolah seperti sediakala.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini