PM Lebanon Akan Kejar Pihak Bertanggung Jawab atas Ledakan Besar di Beirut

Erha Aprili Ramadhoni, Okezone · Rabu 05 Agustus 2020 06:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 18 2257091 pm-lebanon-akan-kejar-pihak-bertanggung-jawab-atas-ledakan-besar-di-beirut-UuUCmTvXeo.jpg Ledakan di Lebanon. (Foto : AFP)

BEIRUT - Perdana Menteri (PM) Lebanon Hassan Diab mengatakan akan mencari pihak yang bertanggung jawab atas ledakan besar di kawasan pelabuhan Beirut yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

"Apa yang terjadi hari ini tidak akan berlalu tanpa pertanggungjawaban," katanya saat berpidato, melansir Al Jazeera, Rabu (5/8/2020).

"Mereka yang bertanggung jawab akan membayarnya," katanya.

Belum detahui pasti penyebab ledakan yang dirasakan di seluruh Beirut. Namun, para pejabat menyatakan kejadian itu dapat dikaitkan dengan "bahan peledak" yang disita dan disimpan di gudang selama bertahun-tahun.

Dia mengatakan pengumuman soal "gudang berbahaya ini sudah ada selama 6 tahun sejak 2014".

Selain itu, Diab meminta bantuan dari internasional untuk membantu Lebanon yang saat ini tengah dalam krisis ekonomi serta situasi pandemi virus corona (Covid-19).

"Saya mengirim permohonan mendesak ke semua negara yang adalah teman dan saudara lelaki dan cinta Libanon, untuk berdiri di sisinya dan membantu kami mengobati luka yang dalam ini," kata Diab.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini