Paska Erupsi Gunung Sinabung, Pemkab Karo Mulai Bersihkan Rumah dan Kebun Warga

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Minggu 09 Agustus 2020 08:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 608 2259229 paska-erupsi-gunung-sinabung-pemkab-karo-mulai-bersihkan-rumah-dan-kebun-warga-9G1K45JCTA.jpg Dokumentasi BNPB saat erupsi Sinabung pada 2017.

MEDAN – Pemerintah Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mulai melakukan pembersihan terhadap rumah warga, kebun serta areal lainnya yang tertutup abu vulkanik paska erupsi Gunung Api Sinabung.

Dalam proses pembersihan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo melakukan melakukan penyiraman menggunakan mobil dinas pencegahan dan pemadaman kebakaran Kabupaten Karo.

“Ada sejumlah daerah yang terdampak cukup parah sehingga harus kita lakukan penyemprotan dengan menggunakan mobil pemadam kebakaran. Total ada 5 unit armada mobil pemadam yang kita gunakan,” kata Plt Kepala BPBD Karo Natanail Peranginangin, Minggu (8/8/2020).

Natanail menyebutkan, penyemprotan harus dilakukan untuk mengantisipasi warga terkena penyakit akibat menghirup abu vulkanik. “Dalam rangka mengantisipasi itu, kita juga telah membagikan masker kepada warga,” tukasnya.

Diberitakan sebelumnya, Gunung Api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mengalami erupsi pada Sabtu 8 Agustus 2020 sekitar pukul 01:58 WIB. Erupsi membuat kolom letusan hingga mencapai 2 ribu meter di atas puncak gunung berketinggian 2.460 mdpl itu.

Baca Juga:  Sinabung Erupsi Lagi, BPBD Minta Warga Patuhi Ketentuan Zona Merah 

Kolom letusan teramati berwarna kelabu hingga coklat dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 1 jam 44 detik.

Erupsi Gunung Sinabung berimbas ke empat kecamatan di Kabupaten Karo. Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Berastagi, Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Merdeka, tertutup abu hasil erupsi itu.

Meski mengalami erupsi, hingga saat ini tidak ada perubahan dalam status aktifitas kegunungapian Sinabung. Sinabung masih tetap berstatus Siaga atau Level III.

Baca Juga:  Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Ini Bahaya Abu Vulkanik bagi Kesehatan

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini