Guru dan Siswa SD di Madiun Gunakan HT untuk Kegiatan Belajar Mengajar

Arif Wahyu Efendi, iNews · Selasa 11 Agustus 2020 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 519 2260203 guru-dan-siswa-sd-di-madiun-gunakan-ht-untuk-kegiatan-belajar-mengajar-kS9QcRKEiB.jpg Guru SDN 01 Balarejo, Kebonsari, Madiun, Jawa Timur, gunakan handy talky untuk mengajar siswanya. (Foto : iNews/Arif Wahyu Efendi)

MADIUN – Seorang guru cantik di SD Negeri 1 Balerejo, Kecamatan Kebonsari, Madiun, mengajar menggunakan handy talky untuk membantu siswanya yang memiliki keterbatasan handphone maupun kuota internet selama pembelajaran jarak jauh diberlakukan di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Anifatul Maghfiroh menggunakan handy talky untuk memberikan penjelasan atau pertanyaan kepada siswanya saat kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka di masa pandemi ini.

Handy talky (HT) tersebut milik sekolah yang sebelumnya digunakan untuk kegiatan pramuka. Satu HT digunakan 3 siswa dalam satu kelompok secara bergantian.

Meski satu kelompok, cara duduk siswa juga berjauhan. Mereka belajar di rumah siswa yang telah ditentukan. Mereka tampak menyimak apa yang jelaskan gurunya penuh seksama dan semangat. Mereka juga piawai menggunakan HT saat menjawab pertanyaan gurunya.

Guru cantik di SD Negeri 1 Balerejo, Kecamatan Kebonsari, Madiun, Anifatul Maghfiroh (iNews/Arif Wahyu Efendi)

Menurut Anifatul, dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh, ada beberapa kendala yang ditemuinya. Mulai dari siswa tidak memiliki handphone, tidak punya kuota, dan menumpang wifi tetangga.

“Mereka terkendala kuota. Kedua handphone dibawa orangtua bekerja. Ada juga yang mengadalkan wifi milik tetangga,” ujar Anifatul, Selasa (11/8/2020).

Karena itu, pihaknya melakukan kegiatan belajar mengajar menggunakan HT kepada siswa siswa yang tidak memiliki handphone ataupun kuota agar mereka tidak ketinggalan pelajaran.

“Terobosan bagi siswa-siswa yg tertingaal atau karena belum terkaver handphone atau PJJ dengan pembelajaran modern, kami menggunakan HT,” tuturnya.

Baca Juga : Pembukaan Sekolah di Zona Kuning Covid-19, Kelas Tak Boleh Terisi Penuh

Sementara itu, para siswa mengaku senang dan terbantu dengan adanya HT yang dipinjamkan pihak sekolah untuk kegiatan belajar mereka.

Baca Juga : KPAI: Pembelajaran Tatap Muka di Zona Kuning Berisiko bagi Anak-Anak

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini