Pascaerupsi Gunung Sinabung, Warga Mulai Bersihkan Abu Vulkanis

Eben Pinem, iNews · Selasa 11 Agustus 2020 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 608 2260186 pascaerupsi-gunung-sinabung-warga-mulai-bersihkan-abu-vulkanis-ivG0rJMPMs.jpg Warga bersihkan abu vulkanis Gunung Sinabung, Selasa (11/8/2020). (Foto : inews/Ebenezer Pinem)

KARO – Pascaerupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang terjadi kemarin, Selasa (11/8/2020) pagi ini warga mulai membersihkan rumah dan lingkungan tempat mereka tinggal dari abu vulkanis yang tebal.

Menurut Warga Desa Naman Teran, Kecamatan Naman Teran, Karo, saat erupsi berlangsung, kondisi suasana menjadi gelap karena abu vulkanis menyelimuti seluruh desa. Hujan itu juga disertai material batu kerikil. Kejadian ini berlangsung selama kurang lebih setengah jam, dan kemudian berangsur normal.

Akibatnya, abu vulkanis menutupi seluruh bangunan milik warga. Warga setempat pun membersihkan abu vulkanis menggunakan alat seadanya. Mulai dari membersihkan bagian depan rumah dan jalan, sembari menunggu petugas melakukan penyiraman.

Saat ini warga sangat mengharapkan bantuan masker dikarenakan abu yang sangat mengganggu pernapasan. Warga juga memerlukan air bersih untuk membantu membersihkan sisa-sisa material dari abu vulkanis.

Warga menunjukkan abu vulkanis Gunung Sinabung. (iNews/Ebenezer Pinem)

“Masker dan penyemprotan air,” kata warga setempat, Soni Milala, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga : Erupsi Sinabung, 1.483 Hektare Lahan Pertanian Terancam Gagal Panen

Sebelumnya pada Sabtu (8/8/2020), Gunung Sinabung erupsi sebanyak 2 kali. Gunung Sinabung saat ini berada pada level 3 atau siaga. Warga diimbau untuk tidak beraktivitas di zona merah Gunung Sinabung.

Sementara itu, Gunung Sinabung hingga pagi ini belum menunjukkan penurunan aktivitas dan masih berpotensi terjadi kembali erupsi susulan. Hal ini terlihat dari masih terekamnya kegempaan yang tinggi di alat deteksi Gunung Sinabung.

Baca Juga : 3 Rekomendasi PVMBG Pascaerupsi Gunung Sinabung

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini