Indonesia Sambut Baik Keputusan Afghanistan Bebaskan 400 Militan Taliban

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 12 Agustus 2020 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 18 2260900 indonesia-sambut-baik-keputusan-afghanistan-bebaskan-400-militan-taliban-osBf0OpW3R.jpg Foto: Reuters.

JAKARTA – Indonesia menyambut baik keputusan Pemerintah Afghanistan untuk membebaskan 400 tahanan anggota Taliban yang membuka jalan berlangsungnya perundingan Intra-Afghan, yang diharapkan dapat menyudahi perang yang berlangsung selama hampir dua dekade di negara Asia Selatan itu.

“Indonesia menyambut baik keputusan Loya Jirga tentang tahanan yang tersisa dan menantikan penyelenggaraan Negosiasi Intra-Afghanistan, yang dipimpin oleh Afghanistan dan digelar oleh Afghanistan,” demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri RI dalam cuitan di Twitter. Loya Jirga adalah sebutan untuk Majelis Besar Afghanistan.

BACA JUGA: Afghanistan Bebaskan 400 Tahanan Taliban, Buka Jalan Pembicaraan Damai

“Indonesia tetap berkomitmen untuk aktif mendukung proses perdamaian di Afghanistan, termasuk peran perempuan.”

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Minggu (9/8/2020) Afghanistan membebaskan 400 anggota Taliban yang ditahan oleh pemerintah. Para tahanan itu adalah kelompok terakhir dari 5.000 tahanan yang dibebaskan sebagai syarat Taliban untuk bergabung dalam pembicaraan damai dengan Kabul.

BACA JUGA: Sepakat Damai dengan AS, Taliban Akan Tetap Serang Pasukan Afghanistan

Dengan dibebaskannya para tahanan itu, Pemerintah Afghnistan telah memenuhi persyaratan yang diajukan dan Taliban setuju untuk memulai pembicaraan dalam 10 hari setelah pembebasan. Meski begitu, Taliban menyatakan belum berkomitmen untuk melakukan gencatan senjata sampai pembicaraan selesai dilakukan.

Pembicaraan kemungkinan akan digelar di Doha, Qatar, di mana Taliban memiliki kantor politik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini