Ucapkan Selamat HUT Ke-75 RI, PM Australia: Kami Bangga Mendukung Perjuangan Indonesia

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 17 Agustus 2020 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 18 2263416 ucapkan-selamat-hut-ke-75-ri-pm-australia-kami-bangga-mendukung-perjuangan-indonesia-xseYd8jxTj.jpg Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Presiden RI Joko Widodo. (Foto: Twitter/@ScottMorrisonMP)

JAKARTA – Perdana Menteri Australia, Scott Morrison menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia. Morrison menyatakan harapan agar kedua negara memperdalam kerja samanya.

“Selamat untuk @jokowi dan bangsa Indonesia pada 75 tahun kemerdekaan. Sebagai teman dekat dan tetangga, kami berkomitmen untuk memperdalam kerja sama dan memajukan nilai-nilai bersama di wilayah kami, dalam 70 tahun hubungan diplomatik formal kami. Selamat Hari Kemerdekaan!’,” kata Morrison dalam cuitan di Twitter, Senin (17/8/2020).

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan, PM Morrison mengatakan menyebut perayaan kemerdekaan Indonesia ini sebagai sebuah “tonggak sejarah perjuangan panjang rakyat Indonesia” dan menyatakan Australia bangga telah secara aktif mendukung perjuangan tersebut.

Australia adalah salah satu negara pertama yang memberikan pengakuan atas kemerdekaan Indonesia dan turut berperan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan terutama selama masa agresi militer Belanda.

Dia juga menggarisbawahi hubungan antara Indonesia dan Australia yang telah berlangsung selama 70 tahun dan telah menghasilkan begitu banyak kerja sama serta keuntungan bagi kedua negara. Morrison juga berharap kerja sama antara Indonesia dan Australia akan dapat mengatasi dampak dari pandemi Covid-19, dan agar kedua negara tetap dapat saling membantu.

“Di Australia kami melihat kesuksesan Indonesia sebagai kesuksesan kami, dan kesuksesan kawasan. Maka kami bergabung dengan Anda pada Hari Kemerdekaan Anda, mengakui pencapaian masa lalu, tetapi yang terpenting adalah melihat ke masa depan dengan optimisme dan harapan.”

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini