Dikabarkan Positif Covid-19, Paslon Gubernur di Bengkulu Bawa Hasil Swab Pembanding ke KPU

Demon Fajri, Okezone · Sabtu 05 September 2020 22:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 340 2273201 dikabarkan-positif-covid-19-paslon-gubernur-di-bengkulu-bawa-hasil-swab-pembanding-ke-kpu-xP0S2yMbiL.jpeg Pasangan Bakal Calon Gubernur di Bengkulu Helmi Hasan bawa hasil swab tes saat daftar ke KPU (Foto: Okezone/Demon)

BENGKULU - Wali Kota Bengkulu, Helmi Hasan mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Bengkulu, sebagai Bakal Calon (Balon) Gubernur Bengkulu, periode 2021- 2024, pada hari kedua pembukaan pendaftaran di KPU Provinsi Bengkulu.

Untuk maju menjadi balon gubenur, Kepala Daerah yang sebelumnya sempat dikabarkan terkonfirmasi Covid-19 itu berpasangan dengan balon Wakil Gubernur, Muslihan Diding Soetrisno.

Di mana saat mendaftar Helmi dan Muslihan tidak hanya membawa persyaratan berkas adminisrasi. Namun, pasangan itu juga membawa dua surat hasil swab pembanding dari dua rumah sakit di Jakarta, jika dirinya terbebas dari Covid-19.

Untuk kesehatan, kata Helmi, sudah tidak ada persoalan. Sebab dirinya juga telah melakukan uji swab pembanding didua rumah sakit yang menyatakan jika terbebas dari covid-19.

''Sudah tidak ada persoalan. hasil swab pembanding sudah disampaikan ke KPU. Tidak ada yang positif,'' kata Helmi, usai mendaftar ke KPU Provinsi Bengkulu, Sabtu (5/9/2020).

Dalam mengikuti bursa balon Gubernur dan Wakil Gubernur, Helmi mengklaim, telah memenuhi syarat sebagai bakal calon. Sebab, dirinya didukung 10 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu. Yakni, Partai NasDem 5 kursi, Hanura 3 kursi, dan PAN 2 kursi.

''Kita sudah siap mengikuti tes kesehatan, tidak ada persoalan lagi,'' kata Helmi.

Ditemui terpisah, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah mengatakan, Helmi-Muslihan merupakan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, pertama yang mendaftar ke KPU Provinsi Bengkulu, di hari kedua pembukaan pendaftaran.

Sebab, kata Darlinsyah, satu hari sebelumnya atau Jumat 5 September 2020, tidak ada pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang mendaftar diri ke KPU Provinsi Bengkulu.

''Sekarang lagi diperiksa syarat calon,'' terang Darlinsyah.

Tidak hanya pasangan Balon Gubernur dan Wakil Gubernur Helmi-Muslihan yang mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Bengkulu, pada hari kedua pembukaan pendaftaran balon.

Berselang sekira dua jam, usai pendaftaran Helmi-Muslihan. Pasangan balon Gubernur dan Wakil Gubernur, Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah Syahili pun mendaftarkan diri ke KPU Provinsi Bengkulu.

Dari pantauan okezone di lapangan, saat pendaftaran ke KPU, pasangan ini diiringin dengan konvoi kendaraan roda empat dan roda dua yang cukup panjang. Di mana saat mendaftarkan diri Rohidin yang merupakan Gubernur Bengkulu ini naik angkutan kota (angkot).

Rohidin mengatakan, pendaftaran dirinya menjadi balon gubernur dan pasangannya Rosjonsyah Syahili mendapatkan dukungan 23 kursi dari 5 partai. Yakni, Partai Golkar, PDI-P, PKS, PPP dan Partai Demokrat. serta 2 partai pendukung atau non parlemen, PSI dan PKPI.

'Persyaratan yang diminta sudah diserahkan. Saat mendaftar ini ada 5 partai pengusung, dan 2 partai non parlemen,'' sampai Rohidin, usai mendaftar ke KPU.

Rohidin menyampaikan, dirinya akan cuti menjadi Gubernur Bengkulu, setelah ditetapkan menjadi calon gubernur.

''Saya cuti setelah ditetapkan sebagai calon,'' tegas Rohidin.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Bengkulu, Darlinsyah mengatakan, pasangan balon Rohidin-Rosjonsyah mendapatkan dukungan 23 kursi di DPRD Provinsi Bengkulu dan 2 partai non parlemen.

Namun, kata Darlinsyah, pihaknya masih menunggu SK dari Partai Demokrat yang menjadi pendukung dalam pencalonan pasangan tersebut. SK tersebut, kata Darlinsyah, ditunggu hingga batas waktu pendaftaran, pada Minggu 6 September 2020.

''Kita masih menunggu syarat balon Rohidin-Rosjonsyah, SK dari Partai Demokrat. Ini ada atau tidak. Kalau pun itu tidak ada pasangan ini sudah memenuhi syarat dukungan untuk menjadi balon gubernur dan wakil gubernur, sebab sudah melebihi 9 kursi,'' terang Darlinsyah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini