13 Peti Mati Berusia 2.500 Tahun Ditemukan dalam Penggalian di Mesir

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 08 September 2020 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 18 2274597 13-peti-mati-berusia-2-500-tahun-ditemukan-dalam-penggalian-di-mesir-679Bhm6sy9.jpg Foto: Kementerian Pariwisata dan Barang Antik Mesir.

KAIRO - Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir telah mengonfirmasi penemuan 13 peti mati kayu dalam kondisi bersih, masing-masing berusia setidaknya 2.500 tahun dan disegel sejak pertama kali dikuburkan. Diperkirakan masih ada lebih banyak penemuan purbakala yang akan ditemukan di lokasi tersebut.

Menurut siaran pers yang dilansir RT, makam itu ditemukan di dekat pekuburan Gurun Saqqara, Mesir sekitar 11 meter di bawah tanah. Sarkofagus kayu yang ditemukan masih dalam keadaan tersegel dan tidak terganggu, beberapa bahkan memiliki cat warna asli pada kayunya.

BACA JUGA: Ditemukan 30 Peti Mati Kuno Berisi Mumi di Mesir

Menteri Pariwisata Khaled Al-Anani mengatakan bahwa tiga relung tertutup juga ditemukan di lokasi, dan kemungkinan akan lebih banyak lagi penemuan yang dibuat di kuburan khusus ini selama beberapa bulan mendatang.

Mengingat kondisi ruang pemakaman yang tak bernoda, para arkeolog berharap menemukan harta karun tambahan yang tersembunyi di dalamnya.

Barang apa pun yang ditemukan terkubur bersama dengan orang mati akan menjelaskan status, kekayaan, dan pengaruhnya - meskipun setidaknya untuk saat ini, identitas almarhum tetap menjadi misteri.

BACA JUGA: Mesir Temukan Gudang Penyimpanan Peti Mati Mumi

Sementara itu, kementerian mengumumkan pengumuman yang akan datang melalui video, kemungkinan dalam upaya untuk menghidupkan kembali industri pariwisata yang sakit di negara itu, yang semakin dilemahkan oleh pandemi virus corona.

Pemerintah Mesir membuka kembali akses ke museum dan tempat budaya pada 1 September.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini