4 Tahun DPO, Terpidana Korupsi Dana Hibah Jambi Ditangkap

Azhari Sultan, Okezone · Selasa 08 September 2020 22:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 340 2274716 4-tahun-dpo-terpidana-korupsi-dana-hibah-jambi-ditangkap-v6xUzfXXWi.jpg Tim gabungan intelijen kejaksaan menangkap Mawardi (Foto: Kejati Jambi)

JAMBI - Setelah 4 tahun masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), terpidana kasus korupsi dana hibah Pemkot Jambi pada KPU Kota Jambi pada 2013 lalu, Mawardi akhirnya tertangkap di Kabupaten Tebo, oleh tim gabungan dari Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi dan Kejaksaan Negri (Kejari) Jambi

Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Johanis Tanak saat dihubungi membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, tertangkapnya Mawardi berdasarkan informasi terpercaya berada di Kabupaten Tebo. Tidak membuang waktu lagi, petugas gabungan langsung bergerak menuju ke lokasi.

Benar saja, terpidana masih berada di rumah. "Mawardi diamankan tim gabungan pada Senin kemarin di rumahnya di Kabupaten Tebo, terpidana berada di rumahnya," ungkap Tanak, di Kejati Jambi, Selasa (8/9/2020).

Baca Juga:  Korupsi Dana Hibah, Eks Ketua KONI Tangerang Dituntut 6,5 Tahun Penjara 

DPO atas nama Mawardi ini bertindak selaku panitia pemilihan kecamatan (PPK). Tidak hanya Mawardi, kasus ini juga melibatkan Gunawan, mantan Sekretaris KPU Kota Jambi. Gunawan telah dijatuhi hukuman 1 tahun kurungan penjara, denda Rp50 juta subsidair 2 bulan penjara.

Dia didakwa berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Jambi, No:02/Pid.Sus-TPK/2016/ tanggal 27 April 2016. Dalam amar putusannya, Mawardi dinyatakan bersalah dan dijatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan penjara lantaran merugikan negara sebesar Rp175 juta.

Dia juga dikenakan denda sebesar Rp50 juta atau subsider 2 bulan kurungan. Tidak hanya itu, Mawardi juga harus membayar uang penggantivsebesar Rp14 juta.

Baca Juga:  3 Saksi Mangkir, Sidang Korupsi Dana Hibah Pemprov Sumsel Ditunda

Apabila dalam satu bulan setelah putusan tidak membayar uang pengganti, maka harta bendanya dapat disita oleh JPU dan dilelang untuk menutupi uang pengganti. Bila masih tidak cukup juga, maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 bulan.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini