Khianati Perjuangan Palestina, 4 Negara Arab Ini Normalisasi Hubungan dengan Israel

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 15 September 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 18 2277982 khianati-perjuangan-palestina-4-negara-arab-ini-normalisasi-hubungan-dengan-israel-rpspgJ72pm.jpg Foto: Sindonews.

BAHRAIN pada Sabtu (12/9/2020) mengikuti jejak Uni Emirat Arab (UEA) menormalisasi hubungan dengan Israel, sebuah langkah yang dianggap banyak pihak, termasuk Otoritas Palestina (PA), mengkhianati perjuangan rakyat Palestina untuk bebas dari pendudukan Israel.

Meski sebagian besar negara Arab tidak memiiki hubungan diplomatik dengan Israel, Bahrain adalah negara keempat yang menormalisasi hubungannya sejak Negara Zionis itu didirikan pada 1948. Selain UEA yang melakukan normalisasi hubungan bulan lalu, Yordania dan Mesir telah terlebih dahulu menjalin hubungan dengan Tel Aviv.

BACA JUGA: UEA dan Israel Sepakati Perjanjian Damai, Normalisasi Hubungan

Berikut ulasan singkat keempat negara yang berdamai dengan Zionis sebagaimana dilansir dari Sindonews:

Mesir 

Mesir dan Israel pernah terlibat dalam sejumlah konflik bersenjata termasuk Perang Arab-Israel pada 1948 dan Perang Yom Kippur pada 1973. Pada 1979, kedua belah pihak meneken Perjanjian Perdamaian Mesir-Israel setelah sebelumnya menandatangani Perjanjian Camp David pada 1978.

Yordania

Yordania menjadi negara kedua yang menyepakati perjanjian damai dengan Israel setelah sebelumnya terlibat dalam konflik bersenjata yang dikenal sebagai Perang Enam Hari pada 1967. Hubungan antara Yordania dan Israel terjalin setelah kedua belah pihak meneken perjanjian damai pada 1994.

BACA JUGA: Oman dan Bahrain Akan Ikuti Jejak UEA Normalisasi Hubungan dengan Israel

Uni Emirat Arab

Hubungan UEA dengan Israel relatif dingin dalam beberapa dekade, namun, pada 2010 hubungan Abu Dhabi dan Tel AViv meningkat secara siginifikan. Kedua belah pihak terlibat dalam sejumlah kerja sama tak resmi dan dalam menentang program nuklir Iran. Pada 13 Agustus 2020 UEA dan Israel secara resmi meneken perjanjian damai dan menormalisasi hubungannya.

Bahrain

Bahrain sebelumnya menyatakan menolak menormalisasi hubungan dan mengakui Israel sebagai sebuah negara. Namun, tampaknya permusuhan kedua belah pihak telah mencair hingga akhirnya sepakat untuk menormalisasi hubungan pada Sabtu (12/9/2020). 

Beberapa negara Arab tampak 'dekat' dengan Israel dalam beberapa waktu belakangan, terutama Oman dan Arab Saudi, memunculkan dugaan akan ada negara Arab lain yang menormalisasi hubungannya dengan Tel Aviv. Di sisi lain, beberapa negara Arab dan Teluk juga menunjukkan penolakan tegas terhadap Israel seperti Iran dan Qatar.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini