Kondisi Paus Fransiskus "Dipantau Ketat" Setelah Bertemu dengan Kardinal Positif Corona

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 15 September 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 18 2278037 kondisi-paus-fransiskus-dipantau-ketat-setelah-bertemu-dengan-kardinal-positif-corona-hzhMZUUFdX.jpg Paus Fransiskus. (Foto: CNS)

VATIKAN - Kondisi Paus Fransiskus terus menerus diawasi untuk memantau tanda-tanda infeksi virus corona setelah dia bertemu dengan Kardinal Filipina, Luis Antonio Tagle yang telah dinyatakan positif corona, demikian disampaikan Pejabat Vatikan.

Tagle, yang melakukan audiensi pribadi dengan Paus Fransiskus pada 29 Agustus, dinyatakan positif Covid-19 sekembalinya ke Manila pada 10 September.

"Kami berhati-hati," kata Menteri Luar Negeri Vatikan Pietro Parolin sebagaimana dikutip kantor berita ANSA. Dia mengatakan bahwa kesehatan kepala Gereja Katolik berusia83 tahun itu terus dipantau, seraya menambahkan bahwa saat ini "tidak ada peringatan khusus" di Vatikan.

BACA JUGA: Paus Fransiskus: Gosip Adalah Wabah yang Lebih Buruk dari Covid-19

Paus biasanya berbicara dengan orang-orang yang mengunjunginya di Istana Apostolik tanpa memakai masker. Pekan lalu, dia terlihat mengenakannya untuk pertama kalinya sejak dimulainya pandemi, tetapi melepaskannya untuk mengobrol dengan jemaat. Namun, dia harus menghentikan kebiasaan berjabat tangan dan mencium bayi.

Pada Maret, Paus Fransiskus diuji virus corona ketika seorang prelat yang tinggal di kediaman yang sama ditemukan positif.

BACA JUGA: Paus Fransiskus Dilaporkan Sakit di Saat Virus Covid-19 Mengganas di Italia

Dalam audiensi dengan publik pada 9 September, Paus mengatakan bahwa tidak ada yang boleh mencari keuntungan politik dari virus corona dan bahwa pengembang vaksin tidak boleh melihatnya sebagai peluang untuk mendapat untung.

Dia meminta sekitar 500 orang di halaman San Damaso Vatikan untuk tetap duduk di kursi mereka untuk menjaga jarak sosial. Dia juga memberi tahu mereka dalam pidatonya bahwa pandemi harus mendorong semua orang untuk bekerja demi kebaikan bersama.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini