Spanyol Hadapi Wabah WNV Terbesar, Tewaskan 4 Orang

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 15 September 2020 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 15 18 2278325 spanyol-hadapi-wabah-wnv-terbesar-tewaskan-4-orang-d2psZzT5KW.jpg Ilustrasi. (Foto: Pexels)

MADRID - Virus West Nile (WNV), yang ditularkan melalui gigitan nyamuk, telah merenggut nyawa pasien keempat di Spanyol. Pihak berwenang telah mengerahkan tim untuk mengasapi ladang dan kebun untuk memerangi penyakit ini.

Media lokal mengutip keterangan pejabat medis melaporkan, seorang pasien berusia 87 tahun telah meninggal di kota selatan Cadiz, menjadikan jumlah kematian akibat penyakit itu di Spanyol menjadi empat. Sebelumnya tiga kematian telah dilaporkan di Seville, yang, bersama dengan Cadiz, merupakan bagian dari wilayah Andalusia. Semua korban berusia di atas 70 tahun.

BACA JUGA: Waspada Ancaman Virus West Nile

WNV pertama kali terdeteksi di Spanyol pada 2006, dan sementara hanya ada tujuh kasus yang tercatat di Spanyol selama dekade terakhir, dalam satu bulan terakhir telah ditemukan 52 kasus. Dalam beberapa kasus, pasien dirawat di rumah sakit dan ditempatkan di unit perawatan intensif, demikian diwartakan The Local yang dilansir RT.

Lonjakan kasus di Spanyol diyakini terkait dengan pertumbuhan populasi nyamuk di lahan basah. Pejabat di Cadiz telah mengerahkan tim untuk mengasapi daerah tersebut dalam upaya menghentikan penyebaran penyakit.

BACA JUGA: Tanggapan Kemenkes Terkait Munculnya Virus West Nile

Pertama kali tercatat di Uganda pada 1930-an, virus ini ditemukan pada burung dan ditularkan ke manusia dan kuda melalui nyamuk yang terinfeksi. Tidak ada penularan dari manusia ke manusia.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekira 80 persen orang yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala, sementara sisanya mengembangkan penyakit mirip flu.

Angka kematian kasus untuk pasien dengan penyakit parah dilaporkan antara 3 dan 15 persen. Tidak ada vaksin manusia untuk WNV dan tidak ada pengobatan khusus selain meredakan gejalanya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini