Unik! Ayam Keluarkan Telur Raksasa Sekali dalam Tiga Hari

Asep Juhariyono, iNews · Senin 21 September 2020 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 525 2281071 unik-ayam-keluarkan-telur-raksasa-keluar-1-kali-dalam-3-hari-cxObMH6IaO.jpg Telur Raksasa. Foto: Asep Juhariyono

TASIKMALAYA - Seekor ayam di Kampung Kudang, Desa Banyuasin, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, mengeluarkan telur raksasa. Disebut demikian karena telur tersebut jauh lebih besar dari biasanya.

Pada umumnya telur ayam berbobot sekitar 60 gram, tetapi seekor ayam di Desa Banyuasin mengeluarkan telur yang beratnya lebih dari 3 kali berat normal, yaitu 190 gram.

Bahkan di dalam telur raksasa tersebut ada telur ukuran normal, dan ada juga yang mempunyai kuning telur dua. Keunikan ayam bertelur berukuran besar tersebut sudah berlangsung sejak satu bulan lalu, dan sudah ada empat telur.

Unik, mungkin kata ini bisa menggambarkan ayam dan telurnya itu. Sang pemilik peternakan tempat ayam itu dirawat, Ade Yogi mengaku kaget karena satu dari seribu ekor ayam yang dipeliharanya ini bisa mengeluarkan telur berbobot sekitar 190 gram.

Menurutnya pemeliharaan yang dilakukan biasa saja, dirinya mengira ada kelainan pada satu ekor ayam yang bertelur berukuran besar tersebut.

Baca Juga: Heboh Ayam Berkaki 4 di Sumbar, Pernah Ditawar Seharga Rp50 Juta

Satu ekor ayam yang bertelur besar ini sudah sejak satu bulan lalu ia temukan, dan berat ayamnya mencapai 2,1 Kg.

Itu lebih besar dibandingkan dengan ayam petelur lainnya. Namun anehnya ayam tersebut bertelur besar tiga hari sekali. Jika sudah mengeluarkan telur berukuran besar, ayam tersebut keesokan harinya bertelur normal, tiba di tiga hari selanjutnya ayam tersebut mengeluarkan telur berkuran besar kembali.

Baca Juga: Fenomena Anak Sapi Berkepala Dua, Ini Penjelasan Dokter Hewan

Saat direbus dan dipecahkan, ternyata didalam telur besar tersebut ada telur lagi yang berukuran normal. "Di dalam telur ini ada telur lagi, (red. dilihat dari yang sudah pernah dimasak," ujar Ade pada Senin (21/9/2020).

Ade Yogi menambahkan, meski menurut dirinya telur berukuran besar tersebut dinilai istimewa, dirinya tetap akan menjualnya, karena sudah ada yang datang dan siap menampung telur berukuran besar tersebut.

Hingga saat ini sudah ada empat telur yang berukuran besar, dan dua di antaranya sudah dipecahkan dan direbus.

Satu telur yang direbus saat dipecakan ternyata di dalamnya ada telur lagi yang berukuran normal, sementara satu telur saat dipecahkan memiliki dua kuning telur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini